Makhluk yang
terjatuh di tiga alam penderitaan, apakah mereka masih memiliki kesempatan
untuk terselamatkan? Benar, mereka masih bisa terselamatkan. Siapa saja mereka
itu? Yakni mereka yang semasa hidupnya di dunia pernah belajar Ajaran Buddha,
pernah melafal Amituofo, bertekad lahir ke Alam Sukhavati, namun sayangnya pada
saat menjelang ajal, sebersit niat pikirannya sudah salah, timbul niat pikiran
buruk, yakni ketamakkan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan keraguan, begitu
niat pikiran ini muncul, dia terjatuh ke alam penderitaan.
Tetapi dia
memiliki akar kebajikan, dia pernah belajar, maka itu Buddha dan Bodhisattva
akan menuju neraka untuk membabarkan Dharma kepada dirinya, agar dia bertobat
dan kembali ke jalan yang benar, sehingga membangkitkan keyakinan dan tekad. Makhluk
yang terjatuh di alam penderitaan juga dapat terselamatkan, Ajaran Sukhavati
sungguh menakjubkan tak terbayangkan!
Maka itu kita
jadi mengetahui bahwa insan yang pernah melafal sepatah Amituofo, berarti dia
memiliki jodoh dengan Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, cepat atau lambat
pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Tetapi bila sebersit niat pikiran menjelang
ajal tidak tercerahkan, jatuh ke neraka mengalami siksaan sungguh
menyengsarakan, ini harus diketahui.
Buddha amat
bermaitri karuna, semoga kita dapat memahami kebenaran yang sesungguhnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Januari 2015
三惡道裡還有能得度的嗎?有。什麼人?過去在人間都曾經學過佛,都曾經念過佛,也發願求生淨土,可惜是臨命終時最後的一念錯了,起了不善的念頭,就是貪瞋痴慢疑,這個念頭一動,他就到惡道去了。但是他有善根,他曾經學過,所以佛菩薩要到地獄道現身為他們說法,讓他們懺悔,讓他們回頭,讓他們生起信願。惡道眾生也能度脫,淨宗法門真正不可思議!所以我們就曉得,只要念過一聲佛號的人,跟阿彌陀佛都有緣,跟極樂世界都有緣,早晚都要去。但是臨終一念不覺,墮在地獄裡很辛苦,要受很多折磨,這個不能不知道。佛非常慈悲,希望我們把這些事實真相都搞清楚、都搞明白。
Dengan terlahir
ke Alam Sukhavati maka menjamin dirimu selamanya takkan jatuh lagi ke tiga alam
penderitaan, di sana tidak ada alam penderitaan. Dan juga tidak ada benih untuk
melakukan kejahatan. Menerima pemberkatan dari Buddha Amitabha, menerima ajaran
dari Buddha Amitabha, begitu Buddha memberi pemberkatan, kebijaksanaanmu,
kemampuan gaib dan kemajuan batin akan berkembang pesat, serupa dengan
Bodhisattva Dharmakaya (calon Buddha).
Maka itu kita
jadi memahami bahwa di Alam Sukhavati meskipun ada istilah empat tingkatan
tanah suci dan sembilan tingkatan bunga teratai, kenyataannya Alam Sukhavati
adalah alam yang adil dan setara. Setiap insan yang terlahir di Alam Sukhavati
memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, hingga tubuh jasmaninya, wajahnya,
kebijaksanaan dan kemajuan batin, serupa dengan Buddha Amitabha.
Hal ini takkan
kita temukan di Alam Buddha lainnya di seluruh jagat raya, hanya satu-satunya
yang ada di Alam Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Januari 2015
往生到極樂世界就保證你永遠不再墮三惡道,那邊沒有惡道。更難得的,那邊沒有造作惡業的因。接受阿彌陀佛的加持,接受阿彌陀佛的教化,佛一加持,你的智慧、神通、道力大幅度的提升,跟法身菩薩差不多。因此我們就明白了,極樂世界有四土三輩九品之名,實際上呢?實際上它是平等法界。每一個往生的人,得阿彌陀佛四十八願加持,連身體(底下我們就念到)、容貌、智慧、神通、道力,好像都跟阿彌陀佛差不多。這是找遍虛空法界一切諸佛剎土裡頭所沒有的,只有極樂世界獨有。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一七0集) 2015/1/24
Asalkan anda membangkitkan
tekad, maka anda akan memperoleh pemberkatan dari kekuatan tekad Buddha, menuntunmu
terlahir ke Alam Sukhavati, setelah terlahir di Alam Sukhavati, maka “pasti
mencapai KeBuddhaan”, takkan ada satupun yang ketinggalan, “ini sungguh
merupakan tekad suci tertinggi tiada taranya dari maha maitri maha karuna
Tathagata Amitabha”.
Ajaran semua
Buddha adalah serupa, tidak ada satupun Buddha yang tidak menasehati para
makhluk untuk membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat
terlahir ke Alam Sukhavati. Mengapa demikian? Ini adalah tekad suci tertinggi
tiada taranya dari maha maitri maha karuna para Buddha Tathagata. Maka itu para
Buddha Tathagata betapa inginnya untuk segera mengantarmu ke Alam Sukhavati,
sampai di Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.
Para Buddha
takkan saling iri hati, juga takkan menghalangi satu makhluk pun, sesungguhnya
hati dan tekad Mereka hanya satu, yakni membantu para makhluk agar cepat berhasil,
satu hati dan satu tekad dengan Buddha Amitabha.
Maka itu tak
peduli pintu Dharma manapun, pada akhirnya seluruhnya akan berpulang pada Alam
Sukhavati, ini harus dipahami oleh para praktisi.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Januari 2015
你只要發願,你就得到佛的願力加持,攝受往生,生到極樂世界「悉令成佛」,沒有一個漏掉的,「此實阿彌陀如來慈悲至極之無上聖願」,真正慈悲到極處。一切諸佛已經成了佛,證得佛果的,佛佛道同。沒錯,一切諸佛沒有一尊佛不勸人信願持名,求生淨土。為什麼?這就是諸佛如來慈悲至極的無上聖願。所以諸佛如來巴不得立刻把你送到極樂世界,到極樂世界去成佛去。諸佛沒有嫉妒、沒有傲慢,沒有障礙任何一個眾生,他們的心、他們的願只有一個,成就一切眾生,幫助眾生快快成就,跟阿彌陀佛同心同願、同德同行。所以說一切諸佛如來可以說都是阿彌陀佛的化身,跟阿彌陀佛沒有兩樣。無論教你什麼法門,法門平等,無有高下,每一個法門到最後完全歸極樂世界,這是學佛同修不能不知道。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一七0集) 2015/1/24