Sabtu, 07 November 2015

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015 (Bgn 2)



Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, Organisasi Sangha berkembang pesat dan merupakan organisasi yang besar, bayangkan saja pengikut setiaNya berjumlah 1255 siswa, kemanapun Buddha Sakyamuni pergi, mereka akan setia mengikutiNya.

Malam hari mereka beristirahat di bawah pohon di hutan. Jaman dahulu kala hutan amat banyak, di mana-mana juga ada, maka itu bermalam di bawah pohon, makan sehari sekali yakni di tengah hari.

Duduk bermeditasi juga tidak boleh kelamaan, Buddha Sakyamuni menetapkan waktunya. Pembagian waktu di India adalah siang malam 6 periode, jadi 24 jam dibagi 6 periode waktu.

Waktu tidur ditetapkan pada tengah malam, waktu makan adalah pada tengah hari. Pulang dari pindapatra, hidangan yang ada di patra tidak boleh langsung dimakan begitu saja, tetapi menunggu semuanya berkumpul, barulah seluruh hidangan yang ada di patra masing-masing dikumpulkan jadi satu, dan diaduk rata, kemudian setiap insan pergi mengambilnya.

Maka itu dikatakan satu patra berasal dari persembahan makanan ribuan keluarga, ini nyata adanya. Jadi bukan karena hidangan ini adalah hasil pindapatra saya, maka saya nikmati sendiri saja, ini namanya tidak adil dan merata.

Sisa makanan akan diberikan kepada makhluk hidup, seperti burung, serangga dan lainnya, tidak boleh disisakan. Patra harus dicuci dengan bersih. Kemudian melakukan Cavkramana, tengah malam adalah waktu tidur. Dengan perhitungan waktu kita sekarang, tengah malam adalah pukul 10 malam hingga pukul 2 pagi. Mereka bukan tidur dengan berbaring tetapi dengan duduk bersila.

Pukul 2 pagi sudah harus bangun melakukan Cavkramana, baik menghafal sutra, melafal Amituofo ataupun melafal mantra, yang paling banyak adalah melafal Amituofo dan melafal mantra.

Hanya mereka yang mempelajari ajaran yang harus menghafal sutra, oleh karena dia harus mengajar Dharma. Siswa begini harus memenuhi beberapa syarat, yakni yang pertama, daya ingatnya sangat bagus, setelah mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Sakyamuni, dia mampu mengulanginya; yang kedua adalah kemampuan pemahamannya amat kuat, tanpa dua persyaratan ini adalah amat sulit.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015


佛陀在世,確實這個團體挺大的,你看常隨眾就一千二百五十五人,這是佛到哪裡跟到哪裡。他們晚上在什麼地方休息?在樹林下面,森林。古時候森林多,到處都有,所以樹下一宿,日中一食。坐也不能坐太久,佛規定的時間,印度是一天六時,白天三個時辰,叫前日分、中日分、後日分,晚上叫前夜分、中夜分、後夜分,睡覺的時候是在中夜,吃飯的時候是在白天中午。托缽,不能說托在手上,一面走著一面吃,這個威儀不好看,也不是團結。托缽托回來之後集合,大家把所托到東西統統歸納在一起,把它調勻,每個人吃多少到裡面去拿。所以一缽千家飯,是真的,不是假的。不是我各人托來各人吃的,這叫真正公平,在現在講共產。佛法真正是共產,托來的飲食大家合在一起,再分了吃。有多的餵鳥,鳥雀,餵小蟲,布施給牠們,不能留到第二餐。缽一定洗乾淨。經行。晚上睡覺中夜,中夜是現在我們晚上講十點鐘到兩點鐘,兩點鐘就要起床,就不能再睡覺了。他們睡覺不是躺在床上,是坐著睡的。兩點鐘就要起來經行,在樹林裡頭轉圈經行,行道。背誦經典可以,念佛可以,念咒可以,大概念佛、念咒的最多。

只有學教的,他是背誦經典,為什麼?他要學講經教學。這種學生也必須要具備的一些條件,必須具備的,第一個,記性很好,他聽佛講經,他能記住,他可以複講;第二,理解的能力強,沒有這兩個條件很難。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1




Mendengar ceramah adalah mengembangkan keyakinan dan tekad hati kita, setiap saat mengingatkan diri kita dan tidak membiarkan batin kita mengalami kemunduran, inilah manfaatnya.

Praktisi yang memiliki kemampuan harus membangkitkan niat memberi ceramah, demi membalas budi Buddha. Apa yang Buddha ingin kita lakukan? Yakni menceramahkan Dharma, sehingga Buddha Dharma dapat dilestarikan dan diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya tak terputus, ini adalah yang terunggul dalam membalas budi Buddha.

Maka itu bila memiliki kemampuan menceramahkan Dharma tidak boleh malas, tidak boleh putus asa, harus tekun berusaha. Anda harus membaca sutra hingga lancar, dapat menghafalnya. Maka itu harus menfokuskan pada satu sutra saja, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, memudahkan daya upaya anda, ketika anda mengulang hingga beberapa ratus kali, anda sudah bisa menghafalnya.

Ketika berada di Amerika, saya bertemu dengan upasika yang memiliki daya ingat yang begitu buruk, dia menghafal “Sutra Usia Tanpa Batas”. Dia memberitahu padaku setelah membaca sutra sebanyak enam ribu kali barulah dapat menghafalnya. Sungguh sulit ditemukan, dia memiliki keteguhan hati, semangat dan tekad, menggunakan waktu bertahun-tahun lamanya.

Setelah selesai mengulangi hingga enam ribu kali, dia datang menemuiku dengan gembiranya. Oleh karena setelah bisa menghafalnya dia tidak perlu bergantung lagi pada buku sutra, dia melakukan Cavkramana juga sambil menghafal sutra, ini sungguh leluasa.

Saya katakan padanya, baca lagi enam ribu kali, maka anda bisa menceramahkan sutra ini, dia pasti bisa menceramahkan dengan bagus sekali, ini adalah manfaat sesungguhnya dari belajar Ajaran Buddha.
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015

聽經增長你的信心,增長你的願心,時時刻刻提醒你,不讓你退轉,有這個好處。有能力的要發心講經,為什麼?報佛恩。佛需要我們幹什麼?需要我們把他講的法一代一代傳下去,這是報佛恩裡頭第一,排在第一的。所以有能力學講經的時候,不能夠偷懶,不能夠放棄,一定要努力。這就是你要讀經,經讀得很熟,能背誦。所以讀經的時候都是主張一門深入、長時薰修,對你用功方便,你念上幾百遍就會背了。
我在美國遇到一個記憶力很差的,是一位在家女居士,她背《無量壽經》。她告訴我念多少遍才會背?六千遍才完全背下來。很難得,她有這個決心,有這個毅力,用了好多年的時間。念完六千遍來告訴我,很歡喜,能背了。能背以後,她就不需要依靠經本,她經行可以背經,打坐可以背經,那就方便很多了。再有六千遍,我告訴她,妳就能講這部經,妳會講得很好,這是學佛得真實受用。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1





Sepatah Amituofo merupakan nama umum dari seluruh Buddha dan Bodhisattva. Bodhisattva mewakili benih sebab, Buddha mewakili buah akibat, ada sebab ada akibat. Sebab akibat yang sempurna, anda tidak melafal Amituofo, jadi mau melafal siapa?

Melafal Amituofo sudah melafal keseluruhannya, tidak ada satupun yang ketinggalan. Masih mau pilih ini dan pilih itu, ini disebut tidak memahami Ajaran Buddha, barulah melakukan hal begini, mana bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Keyakinan benar dan tekad menyeluruh, sepatah Amituofo, Master Hai Xian telah memperagakan pada kita, selama 92 tahun hanya melafal sepatah Amituofo, melafal hingga mencapai pencerahan besar, menemukan kembali jiwa sejati.

Sepatah Amituofo saja bisa membantumu mencapai pencerahan besar, menemukan kembali jiwa sejati, apalagi satu sutra, satu sastra? Inilah yang disebut dengan “tercerahkan dengan sendirinya tanpa guru”, Master Hai Xian memperagakan buat kita.

Setelah melihatnya, maka jangan ada keraguan lagi pada sepatah Amituofo, menerima dan melatih diri sesuai ajaran, Master Hai Xian dapat melakukannya maka saya juga dapat melakukannya, beliau dapat berhasil, asalkan anda bersedia mengamalkannya maka anda juga dapat berhasil.

Maka itu Master Shandao mengajari kita untuk terfokus, tujuan dari terfokus adalah mencapai Samadhi pelafalan Amituofo. Jadi sebelum mencapai Samadhi pelafalan Amituofo, terlebih dulu harus memiliki keyakinan yang teguh terhadap Alam Sukhavati, tiada keraguan sama sekali.

16 perenungan yang tercantum di dalam Amitayurdhyana Sutra, metode yang terakhir adalah melafal Amituofo, yang terakhir berarti yang terbaik dan terunggul. Buddha Sakyamuni selalu menempatkan yang terbaik di urutan terakhir. Ini juga mendidik manusia, jika anda ingin mendengar pembabaran Buddha Dharma, maka harus mendengar hingga selesai, jika mendengar hanya separuh lalu kabur, maka anda tidak mempunyai pahala, mengapa demikian?

Yang paling terbaik ada di bagian akhir, bukannya di awal. Pertunjukan seni juga sedemikian rupa, babak yang paling menarik ada di bagian akhir acara, tujuannya supaya anda mengikuti acara hingga selesai. Maka itu melafal Amituofo merupakan perenungan ke-16 yang juga merupakan urutan yang terakhir, merupakan metode yang terbaik, yang paling bagus, paling mudah, dan keberhasilan yang diraih merupakan yang tertinggi.            

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015


阿彌陀佛法身,所謂是一切諸佛菩薩的總名號。菩薩代表修德,佛代表果德,有因有果。圓滿的因果,你不念,你念誰?統統念到了,一個都沒有漏掉。還要選這個、選那個,挑三揀四的,那對佛教不通,對教義、教理不明白,才幹這個事情,那不能往生。真信切願,一句佛號,海賢老和尚給我們表演,九十二年就一句佛號,念到大徹大悟、明心見性。一句佛號能幫助你大徹大悟、明心見性,何況一部經、一部論?這就是什麼?無師自通,表演給我們看。我們看了要覺悟,要對於這句話再不懷疑了,依教奉行,他能做,我也能做,他能成就,我也能成就,只要你真幹,你就能有成就。
所以善導大師註的是,教我思惟,就是定前方便,定是念佛三昧,念佛三昧還沒有得到,先做預備功夫,那就是對極樂世界的肯定,對極樂世界不能懷疑,這是定前方便。《觀經》上所說的十六種方法,任何一種方法都可以,讓你自己選擇。最後一種方法就是持名,最後也就是最好的、最殊勝的,佛講東西,最好的東西擺在最後。這個也是教人,你要聽佛講經,你要聽圓滿,如果你聽中途離開、走了,你沒有福報,為什麼?最精彩的在後面,不是在前面。藝術表演也是用這樣,最精彩的都擺在後面,叫壓軸戲,他讓你坐下來聽圓滿,佛講經亦如是。所以持名念佛是第十六觀,最後一種方法,最精彩的,最容易的,成就最高的。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1






Melatih Dhyana mudah kerasukan Mara, maka itu harus memiliki guru yang bagus. Di dalam ruang meditasi (Dhyana) ada guru pembimbing, ada ketuanya, begitu dia melihat anda bermasalah, dia dapat mengatasinya.

Bila sudah kerasukan Mara dan tidak ada yang bisa membantu mengatasinya, maka ini sungguh tersiksa, istilah umum menyebutnya sebagai sakit jiwa, sehingga mengantarmu ke Rumah Sakit Jiwa, anda akan menjalani siksaan seumur hidup. Maka itu Dhyana bukan mudah dilatih, demikian juga Tantra bukan mudah dilatih, harus ada guru yang bagus mendampingi menjagamu terus.

Sedangkan Aliran Sukhavati tidak perlu begini, sepatah Amituofo takkan mengundang masalah. Tetapi “Kegiatan Fo Qi 24 Jam” (kegiatan melafal Amituofo selama 7 hari tanpa istirahat) dapat menimbulkan masalah. Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) pernah mengadakan kegiatan tersebut sebanyak dua kali saja dalam sepanjang hidupnya, selanjutnya beliau tidak berani mengadakan kegiatan serupa ini lagi.

Guru Li menceritakan padaku, ketika “Kegiatan Fo Qi 24 Jam” berlangsung, ada seorang praktisi yang bermasalah, sehingga Guru Li harus menghabiskan waktu selama setengah tahun untuk memulihkan praktisi bermasalah ini. Ini menjelaskan bahwa bila ketrampilan melatih diri tidak mencukupi masih bisa timbul masalah.

Apalagi orang yang sama sekali tidak memiliki ketrampilan melatih diri, ingin mencoba-coba mengadakan kegiatan serupa, maka ini sama dengan mengundang bahaya. Ini bukan untuk dipamerkan, kalau muncul masalah bagaimana?  Jaman sekarang praktisi senior sudah sedikit, masalah begini jangan sampai timbul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015


禪定,修禪定容易著魔,所以一定要有好老師。禪堂裡有老師指導,有堂主,他看你有問題的時候,能幫助你解決。如果說是著魔而沒有人解決,那很苦,我們一般人叫神經病,把你送到精神病院,你可苦了,苦一輩子。所以禪不是好修的,密也不是好修的,都要有好老師在旁邊照顧你。淨土不要,淨土是一句阿彌陀佛,沒關係,它不會惹來麻煩。可是精進佛七也會出事情。李老師一生打過兩次精進佛七,以後再不敢打了。告訴我打佛七當中,有一個學生出問題了,他花了半年的時間把他恢復正常。這個說明自己的功夫不夠,還會出事情。如果根本沒有功夫的人,要嘗試這個,那是很危險的做法。這個絕對不是做來好看的,出了問題怎麼辦?現在高人少了,這個問題不可以有。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1


  


Hari ini Ajaran Buddha Tiongkok, setiap alirannya tidak ada praktisi berbakat, saya berharap para anggota Sangha yang masih berusia muda, setiap saat dapat memikirkan karir Buddha, misi utama anggota Sangha adalah bagaimana meneruskan karir Buddha. Bagaimana cara meneruskannya?

Hari ini tidak ada guru bukanlah masalah, pilihlah satu sutra atau sastra, menfokuskan diri dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan dalam jangka panjang, sutra tersebut dibaca sebanyak seribu kali, dua ribu kali, tiga ribu kali, empat ribu kali, seperti Master Yongming Yanshou yang membaca Sutra Lotus sebanyak 13 ribu kali, dengan sendirinya anda juga telah menjadi guru sesepuh dan praktisi senior.

“Di dunia ini tidak ada hal yang menyulitkan, hanya saja ditakutkan pikiran yang tidak terfokus”, inilah yang dikatakan Master Hai Xian. Asalkan anda menfokuskan pikiran, melepaskan segala kemelekatan, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, maka takkan ada satupun yang tidak berhasil. Ini merupakan bentuk dukunganku pada para Bhiksu yang masih berusia muda.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2015


今天中國佛教,每個宗派都沒有人才,我希望年輕的,特別是年輕法師,常常要想到如來家業,出家人第一樁大事,要如何繼承如來家業。怎麼繼承法?今天沒有老師、沒有道場不要緊,經論選一部,一門深入,長時薰修,這一部經讀上一千遍、二千遍、三千遍、四千遍,像永明延壽念《法華經》一萬三千遍,你自自然然成了祖師大德。「天下無難事,只怕心不專」,海賢老和尚說的。只要你專心,只要你萬緣放下,一門深入,沒有一個不成就。這是我貢獻給年輕法師們。

文摘恭錄 二零一四淨土大經科註  (第二七二集)  2015/11/1