Kita
harus mengenali diri sendiri, masa depan kita, baik atau buruk, tanyalah
kembali pada hati sendiri, hanya diri sendiri yang paling mengetahuinya, jangan
tanyakan pada orang lain, menanyakannya pada orang lain, dia hanya akan
mengelabuimu saja.
Anda
harus merenungkan kembali ke dalam diri anda sendiri, apabila pikiranmu bajik,
ucapanmu bajik dan perbuatanmu bajik, maka masa depanmu akan menikmati buah
akibat yang baik pula, meskipun pahala masih belum berbuah saat sekarang ini,
namun kelak pasti akan berbuah.
Kenapa
sekarang masih belum berbuah? Saya sudah berbuat baik malah dapat akibat yang
jelek, ini dikarenakan pada masa kehidupan lampau melakukan banyak karma buruk,
sehingga pada masa kelahiran sekarang, rintangan karma sudah banyak yang tereliminasi,
sekarang lagi terhapus secara bertahap, masih belum bersih, menanti hingga
seluruh rintangan karma telah tereliminasi dan bersih, maka buah karma baikmu
akan segera masak, jadi anda tidak perlu merasa tergesa-gesa.
Sebaliknya
apabila pikiran dan perbuatan tidak bajik, sekarang malah menikmati pahala,
maka patut diketahui bahwa pahala ini adalah buah akibat karma baik pada masa
kelahiran lampau, memupuk pahala besar, makanya sekarang pahalanya belum habis
dinikmati, menanti hingga pahalanya habis dinikmati, maka buah karma buruknya
segera masak.
Ini
adalah aturan yang pasti, takkan ada pengecualian, sejak jaman dulu hingga
sekarang tidak ada orang yang dapat lolos darinya, ini adalah hukum alam, ini
juga disebut Tao. Karma baik menghasilkan buah akibat yang baik, sebaliknya
karma buruk menghasilkan buah akibat yang buruk, bukan tidak ada pembalasannya,
hanya saja waktunya belum tiba.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8
November 2015
我們要知道自己,我們的前途是善是惡,問問自己的心就知道了,不要問別的,問別的有人會騙你。你要回過頭來反省,你的心善、言善、行善,你的前途決定有好報,縱然果報現在沒有現前,將來一定現前。現在為什麼不現前?我都行善,還受的惡報,過去世造的惡業多,這一世已經消掉很多了,還在消,還沒消乾淨,等消乾淨了,你的善報就現前,你可別著急。如果心行不善,現在享受的福報,自己一定要知道,這個福報是過去生中修的,修的大福報,現在還沒享完,造這些惡業,等福報享完,惡報就現前。必然的道理,沒有例外的,古今中外沒有一個能夠逃出,這個是大自然的規則,這叫道。善有善報,惡有惡報,不是不報,時辰未到。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二七六集) 2015/11/8
Melatih
diri tanpa mengenal ajaran sutra, maka hanya tahu mengikuti upacara-upacara
pertobatan dan ritual-ritual lainnya, menganggap ini adalah Ajaran Buddha, sudah
berbuat salah lalu pergi mengikuti upacara pertobatan, melakukan namaskara pada
Buddha, atau mengadakan upacara-upacara berskala besar, melenyapkan petaka,
mengira dengan cara demikian bisa mencuci dosanya, ini tidak ada aturannya.
Insan
yang benar-benar berniat belajar Ajaran Buddha, seharusnya memulainya dari
belajar ajaran sutra, ini baru bisa, sebaliknya bila bukan memulainya dari
belajar ajaran sutra, maka takkan sanggup melakukannya; juga memerlukan
bimbingan dari seorang guru.
Namun
jaman sekarang ke mana mau mencari seorang guru yang baik? Kesulitan sekarang
ini, vihara yang benar-benar melatih diri jumlahnya amat sedikit, guru yang
baik lebih sedikit. Harus ada jodoh, hati sendiri harus bajik, memohon mukjizat
agar dapat bertemu dengan lingkungan yang baik, bersua dengan guru yang baik
pula. Praktisi yang berniat melatih diri, sepatutnya memohon pada bantuan
Buddha dan Bodhisattva, ini benar-benar bisa efektif.
Hari
ini kita harus mengandalkan metode yang diajarkan oleh insan suci dan bijak
jaman dulu yakni “Menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya,
melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”, dan “Mengulang membaca sutra
hingga ribuan kali, maknanya akan dapat dipahami dengan sendirinya”.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8
November 2015
現在學佛不通經教,只把經懺佛事當作佛教,做錯事情了去拜懺、去拜佛,做法會,去消災,認為自己就消掉了,沒有這個道理。真正要學宗教,一定要在經典上下手,在經典上下功夫,那才行,不是在經典上下功夫你做不到;還得有好老師指導。但現在的難處,真正修行的道場很少,好的老師更少。要有緣分,自己的心要善,求感應,會意外的遇到好的環境,遇到好的老師。真正發心求道,求佛菩薩幫助,這是真的,也真有效果,不是假的。今天要依照古聖先賢教給我們的方法,「一門深入,長時薰修」、「讀書千遍,其義自見」。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二七六集) 2015/11/8
Melakukan
kejahatan tapi malah menikmati pahala, ini dikarenakan pada masa kelahiran
lampaunya menimbun berkah besar, sehingga di dalam garis hidupnya pahalanya
juga besar, meskipun berbuat jahat tetapi pahalanya (yang ditimbunnya dari masa
kelahiran lampau) melampaui karma buruk yang diperbuatnya pada masa kelahiran
sekarang.
Pada
masa kelahiran sekarang dia melakukan kejahatan sehingga pahalanya perlahan
jadi terhapus, hingga akhirnya pahalanya habis, maka penderitaan pun menjelang,
pada masa kelahiran mendatang hidupnya akan sangat tersiksa, berkah habis
penderitaan pun datang, kelahiran mendatang segalanya jadi buruk.
Sebab
akibat menembus tiga masa kelahiran, kita tidak boleh melihat apa yang terjadi
di depan mata saja, masa kelahiran mendatang lebih penting daripada apa yang
anda lihat di depan mata saja, yang ada di depan mata hanyalah berlangsung
sekejab saja, orang yang hidup hingga usia seratus tahun amatlah sedikit,
tetapi persoalan pada masa kehidupan mendatang amatlah banyak.
Untuk
terlahir lagi jadi manusia tidaklah mudah, meskipun menimbun pahala besar, masa
kehidupan mendatang hanyalah menikmati pahala Alam Dewa dan Manusia, tidak bisa
keluar dari enam alam tumimbal lahir, masih berada di Alam Dewa atau Manusia.
Andaikata
kekuatan karma buruk melampaui karma baik, maka kelahiran mendatang jatuh ke
tiga alam penderitaan, ini sungguh mengerikan, adalah mudah untuk jatuh ke alam
rendah, namun untuk keluar adalah hal yang amat sulit sekali.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8
November 2015
造作的惡業,造惡,還享大福報,那是過去生中修的福大,命裡福報大,縱然造惡,他的福報(過去修的)超過他這一生所造的惡業,這一生造惡,福報慢慢消,消完就沒有了,來生就很苦,福業消盡,惡業增長,來生就不如意。因果通三世,我們不能只顧眼前,後世比眼前更重要,眼前的時間很短促,活一百歲的人少,可是來生問題很大。人來生得人身不容易,修的很大的福報,來生就是人天福報,出不了六道輪迴,還在人天。如果我們的業力惡的比善的多,來生就到三惡道去了,這個很可怕,惡道進去容易,出來太難了,非常不容易,這個不是開玩笑的。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二七六集) 2015/11/8
Diantara
sahabat-sahabat yang kami kenal, tidak sedikit yang jatuh ke alam penderitaan.
Bagaimana bisa mengetahuinya? Lalu kenapa bisa demikian? Dia belajar Ajaran
Buddha, dia juga melafal Amituofo, bahkan juga mendalami Ajaran Buddha,
melakukan banyak kebajikan, tetapi malah jatuh ke Neraka, namun dia memiliki
kesempatan untuk memberi mimpi dan mengatakan keadaannya di Alam Neraka,
memohon pada kami agar melimpahkan jasa kebajikan kepadanya.
Dari
pesan ini kami juga mengetahui bahwa pelimpahan jasa ini amatlah efektif. Ada
seorang sahabat yang jatuh ke Neraka, menyampaikan padaku bahwa dia telah
meninggal dunia, setiap kali kami memberi ceramah Dharma, jasa kebajikan dari
ceramah dan melafal Amituofo, kami limpahkan padanya, dia mengatakan bahwa dia
memperoleh manfaatnya, hukuman yang dia jalani di Neraka lebih ringan sedikit
daripada yang lainnya, tetapi masih belum dapat meninggalkan Neraka.
Karma
buruk berat yang di perbuat adalah merintangi Buddha Dharma, merusak niat orang
lain belajar Ajaran Buddha, menuntun orang-orang baik hati dan praktisi Ajaran
Buddha ke jalan sesat, inilah yang disebut sebagai memutuskan jiwa
kebijaksanaan Dharmakaya orang lain, dosa ini amat berat.
Buddha
Dharma menyebutkan bahwa membunuh jiwa raga manusia dosanya tidak begitu berat,
tetapi memutuskan jiwa kebijaksanaan insan lain, dosa ini amat berat sekali.
Mengapa demikian? Karena untuk terlahir kembali jadi manusia adalah hal yang
amat sulit dan kesempatan untuk mendengar Buddha Dharma adalah langka sekali, maka
itu tidak boleh memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya orang lain.
Menghalangi
orang lain belajar Dharma sejati harus menanggung beban karma, dan jujur saja
beban karma ini takkan sanggup dipikul. Dengan perkataan lain, sebaliknya
membantu orang lain belajar Dharma sejati (Ajaran Sukhavati), memperkenalkan
Dharma sejati kepada insan lain, menasehatinya agar melafal Amituofo, ini
merupakan jasa kebajikan yang besar! Ini adalah menyelamatkan jiwa
kebijaksanaan Dharmakaya insan lainnya, berkah ini sungguh besar. Ini patut
diketahui.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8
November 2015
我們認識的朋友當中有不少到惡道去了。怎麼知道?這算什麼?他學佛,他念佛,而且還學佛學得不錯,在佛門真做了不少好事,他墮地獄了,所以他有機會來附體、來託夢,把他的狀況告訴我們,要求我們超度他。我們從這些信息當中也知道,這個迴向超度真有效。有個朋友墮地獄了,告訴我,他過世了,我們每一次講經都給他迴向,念佛也給他迴向,他說他得到好處,在地獄裡面受的苦比別人要少一點,但是還是不能離開地獄。他造的業重,這個重業是障礙佛法,破壞別人學佛,把好心的人、學佛的人引到邪路,這叫斷人法身慧命,這個罪重。佛法裡說,殺人身命罪不很重,斷人慧命這個罪重。為什麼?得人身容易,得人身聞佛法機會不多,所以不能斷人法身慧命。障礙別人修學正法要負責任的,這個責任說老實話負不起。換句話說,回頭來看,幫助別人學習正法,把正法介紹給別人,勸他,這個功德大!這是什麼?救人法身慧命,這個福就大了。所以必須要知道。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二七六集) 2015/11/8