Sesungguhnya
anda telah melihat Buddha tulen atau Buddha palsu, pemandangan Alam Sukhavati
tulen atau yang palsu, jangan tanyakan pada orang lain, anda sendiri yang
paling jelas akan hal ini.
Ketika
bertemu dengan Buddha, pikiran anda masih seimbang dan tak tergoyahkan, maka
yang anda lihat itu adalah yang tulen; sebaliknya ketika anda melihat Buddha,
niat pikiran anda timbul, sungguh tidak mudah hari ini saya bisa bertemu
Buddha, hari ini saya bisa melihat cahaya Buddha, saya bisa mencium harum
semerbak, lalu anda menyebarkan mukjizat ini ke mana-mana, maka apa yang anda
lihat adalah palsu.
Ini
menjelaskan bahwa pikiran orang itu masih bergejolak, tidak seimbang, maka rupa
yang dia lihat adalah khayalan belaka, setiap yang memiliki rupa adalah semu.
Andaikata
ketika melihat Buddha, pikirannnya tak tergoyahkan, melihat atau tidak adalah
sama saja, maka yang dia lihat adalah yang tulen, itu bukanlah yang palsu, dia
takkan diputar oleh kondisi, takkan terpengaruh oleh keadaan tersebut, tetap
menfokuskan diri melafal sepatah Amituofo tak tergoyahkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei
2015
究竟是見到真佛、假佛,真極樂世界、假極樂世界,不要問別人,你自己很清楚、很明白。如如不動就是真的;見到,起心動念,好不容易我今天見到佛,我今天見到光,我聞到香,到處給人宣說,那是假的,那不是真的。說明他的心是浮動的,心浮氣躁,所見的相真的是幻相,凡所有相皆是虛妄。他要如如不動,見如不見,他見的就是真的,那就不是假的,他沒有被境界所轉,不受它的影響,依然一句聖號。
文摘恭录 — 發大誓願(第二回) (第十集) 2015/5/17
Mengapa
dalam keseharian kita melafal Amituofo tetapi juga tidak bisa melihat Buddha
Amitabha? Lebih baik tidak melihatNya, jika dapat melihatNya maka akan muncul
kegirangan, begitu kegirangan muncul, maka akan kehilangan pikiran benar.
Maka
itu Buddha dan Bodhisattva tidak selalu menampakkan diri, karena takut
mengacaukan dan mengganggu dirimu. Sampai ketika anda telah memiliki kemampuan
untuk tak tergoyahkan, sehingga saat anda melihat Buddha Amitabha, anda juga
akan bersikap biasa-biasa saja, meskipun telah melihatNya namun pikiran anda
tetap seimbang, takkan goyah, dengan demikian maka anda akan selalu berjumpa
dengan Buddha.
Buddha
menampakkan diri adalah untuk membantumu menyempurnakan sila, samadhi dan
prajna, jadi bukan sebaliknya malah mengacaukan sila, samadhi dan prajna
dirimu, bila kemunculan diriNya akan mengacaukan sila, samadhi dan prajna
dirimu, maka Buddha pasti takkan menampakkan diri.
Maka
itu lebih baik tidak melihat Buddha, karena begitu kita melihat Buddha kita
akan jadi kegirangan sehingga pikiran jadi goyah, bahkan muncul keangkuhan,
memandang rendah pada praktisi lainnya, ketrampilan melatih diri saya lebih
hebat daripada dirimu, makanya saya dapat melihat Buddha, sedangkan kamu belum
bisa, ini adalah keangkuhan.
Keangkuhan
merupakan kekotoran batin yang parah, bila keangkuhan ini masih ada, tabiat
masih ada, Buddha takkan menampakkan diriNya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei
2015
我們平時念佛,為什麼見不到阿彌陀佛?見不到還好,見到一定很喜歡,那個喜歡的心動了,你的定意失掉了。所以佛菩薩不常現身,怕擾亂你、怕干擾你。到你有本事見阿彌陀佛見如不見,毫不動搖,不受動搖,你就常常見到佛。佛現身是幫助你戒定慧,不會干擾你戒定慧,凡是會干擾戒定慧,他一定不現身,就這麼個道理。所以說不見還好,見到一定大驚喜,反而心動,甚至於起傲慢之心,看不起別的修行人,我的功夫比你好,我見到佛你還沒見到,傲慢。傲慢是大煩惱,你這種煩惱還在、習氣還在,佛不現身。