Di dunia
ini orang yang berpandangan sesat itu jumlahnya banyak, terutama saat sekarang
ini lebih banyak lagi, praktisi sejati tidak ada pendukung besar yang
mendukungnya sehingga tiada tempat baginya untuk berpijak. Mengapa demikian? Oleh
karena orang yang berpandangan sesat jumlahnya lebih banyak, kekuatan mereka
sangat besar.
Inilah
yang disebut di dalam Buddha Dharma sebagai jaman berakhirnya Dharma, Dharma
semakin melemah sementara Mara semakin kuat, kekuatan Mara lebih besar daripada
Dharma.
Praktisi
sejati tidak memiliki pendukung yang besar, orang lain tidak suka kamu berceramah,
merasa benci jika kamu memberi wejangan padanya, sehingga memikirkan segala
cara untuk mencampuri urusanmu.
Makanya
vihara-vihara sekarang banyak yang tidak memberikan khotbah Dharma lagi. Kadang
kala ada kegiatan ceramah, tetapi isinya bukan seperti yang diucapkan Buddha,
sutranya memang sudah benar, tetapi yang dia jelaskan adalah menuruti
penafsiran sendiri, bukanlah makna sesungguhnya seperti yang dibabarkan Buddha.
Pada jaman
berakhirnya Dharma, mempelajari Ajaran Buddha adalah sulit dan tidak mudah!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli
2015
特別是這個世間邪知邪見的人多,現在特別多,正知正見的人沒有有力量的護法,無處立足。不要說安身,無處立足,為什麼?群起而攻之,這些邪知邪見的人多,力量很大。這就是佛法裡頭講,今天是末法時期,法弱魔強,魔的力量大過法。沒有有力的護法,別人不喜歡你講、討厭你講,想盡方法干涉你。所以現在的寺廟庵堂,許許多多的道場,它不講經。偶爾有講經的,講的不是佛說的,經本沒錯,他說的是他自己的意思,不是佛的意思。末法學佛難,不容易!
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一四集) 2015/7/17
Ketika
kita bertemu kesulitan maka ingatlah pada Bhagava, ketika teringat pada Bhagava
maka hati pun kembali jadi seimbang. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma
di dunia ini, Beliau bertemu dengan banyak kesulitan besar, juga tidak memiliki
vihara, mengapa demikian?
Karena dengan
mendirikan vihara maka akan mengundang terjadinya perselisihan, sehingga orang
lain akan menyerang dan menfitnah dirimu. Dengan tidak memiliki vihara maka
sehabis berceramah di sini selama tiga atau lima hari maka segera angkat kaki, takkan
ada yang ingin cari masalah denganmu.
Maka itu
kami memahami keadaan ini, tahun-tahun sebelumnya saya berceramah tidak
memiliki tempat yang tetap, di mana saja ada yang mengundangku berceramah maka
saya segera berangkat ke sana.
Untunglah
mereka menghubungiku terlebih dulu, sehingga habis berceramah di tempat A saya
bisa menuju ke tempat B, habis berceramah di tempat B saya bisa menuju ke
tempat C dan selanjutnya.
Pada waktu
permulaan ketika saya masih belajar berceramah, saya memberi ceramah di rumah
salah seorang umat, di rumahnya terdapat sebuah ruang tamu kecil, berapa orang
pendengarnya? Hanya sekitar 3 hingga 6 orang saja. Meskipun demikian dalam
memberi ceramah, sejak awal hingga akhir saya lakukan dengan begitu
bersungguh-sungguh.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli
2015
我們遇到困難就想到世尊,想到世尊就心平氣和了。佛陀在世遇多大困難,沒有道場,為什麼?有道場會引起鬥爭,人家要攻擊你,要破壞你。沒有道場,在這講經,一部經講完了,講個三天、五天,就走了,離開了,沒有人找麻煩。所以我們了解這個情形,早年我講經是流動的,居無定所,哪個地方只要請我講經,我就去。好在預先都聯絡好了,這邊講完到那家,那家講完再到那一家。學講經的時候是在同學家裡,同學們家裡,家裡有個小客廳,還沒有我們這個房子大。幾個人?五、六個人,三、四個人。我們也從頭到尾,規規矩矩講一部經
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一四集) 2015/7/17
Master
Sheng Huai dan Upasaka Xie Dao-lian, mereka berdua mewakili Ajaran Buddha
Hongkong, mengundangku memberi ceramah di Hongkong. Waktu itu saya pertama kali
meninggalkan Taiwan, pertama kali menginjakkan kaki di luar negeri, saat itu
Hongkong masih dikuasai Inggeris, di sini saya menjalin jodoh Dharma dengan
Hongkong.
Namun
sayangnya tidak ada yang memberi dukungan, sehingga sulit berkelanjutan! Pada
waktu itu sebagian orang terhadap ceramah Dharma masih kurang suka, meskipun
tidak memperlihatkan secara langsung.
Sekarang
dia mengatakannya keluar dan menolak kehadiranmu, apalagi ketika anda bilang
ingin beri ceramah, maka dia akan beralasan bahwa di viharanya tidak ada yang
berminat mendengar ceramah, hanya sepatah kalimat dia sudah menolakmu.
Perkataan
ini adalah benar adanya, maka itu mengundang kesalahpahaman pada sebagian
kalangan, begitu menyinggung tentang Ajaran Buddha, maka mereka akan
beranggapan bahwa Ajaran Buddha hanya membaca sutra saja tetapi tidak ada
ceramah Dharmanya. Maka itu ketika anda menyampaikan ceramah padanya, dia akan
merasa sangat asing.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli
2015
聖懷法師跟謝道蓮居士,他們兩個代表香港的佛教,邀請我到香港來講經。我第一次離開台灣,頭一次到國外,那個時候香港是英國人管的,在這邊結了這個法緣。沒有護持,難!那個時候,一般人對於這個,是心裡不太歡喜,表面上不說。現在他說,他拒絕你,你說講經,我這裡沒有人聽經,一句話就拒絕。這個話也是真的,不是假的。所以造成社會上一般人誤會,一提到佛教,佛教只有念經的,沒有聽說講經的。所以你給他講講經,他非常陌生。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一四集) 2015/7/17
Yang
paling penting sekarang ini adalah membina penceramah-penceramah berbakat.
Seorang penceramah berbakat hendaknya dapat meneladani Buddha Sakyamuni yang mau
bekerja keras dan bersabar menahan segala kesusahan dan penderitaan, memikul
misi yang penting, tidak boleh memiliki vihara, karena dengan memiliki vihara
maka akan mengundang perselisihan dengan orang lain.
Oleh
karena tidak memiliki vihara maka tidak mempunyai umat, sehingga vihara lain
masih dapat memaafkan dirimu, mengapa demikian? Karena anda tidak bertentangan
dengannya. Vihara yang besar memerlukan pengeluaran yang besar, dia memerlukan
banyak persembahan dari umat.
Sedangkan
kita di sini hanya memberi ceramah, tidak memiliki umat, tidak mengadakan
upacara kebaktian, juga tidak ada upacara pertobatan dan ritual lainnya, makanya
umat dari vihara lain takkan mendatangi tempat kami. Sebaliknya para praktisi
yang mendengar ceramah Dharma di sini, dapat berkunjung ke viharanya dan
bersembahyang, mengikuti upacara kebaktian.
Maka itu
tidak boleh bertentangan dengan orang lain, barulah kita bisa bertahan,
sebaliknya apabila ada pertentangan, kekuatan kita amatlah lemah. Maka itu
usaha masing-masing individu melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati,
juga takkan ada masalah, takkan bertentangan dengan mereka, tetapi apabila
membangun vihara lalu di dalamnya tiap hari ada ceramah Dharma, maka ini akan
mengundang pertentangan.
Kami
mempergunakan satelit, internet, maka ini bukan merupakan masalah, mengapa
demikian? Kami hanya memakai sebuah studio rekaman, tidak mempunyai aula
khotbah Dharma, juga tidak memiliki umat pendengar. Dengan demikian dia baru
bisa memaklumi dan memaafkan dirimu.
Orang yang
berjodoh akan memasang kabel koneksi untuk menerima siaranmu, namun jumlah
orang yang berjodoh ini masih terbatas, masih banyak yang tidak mengetahuinya.
Maka itu jalinan jodoh ini harus kita kenali dengan jelas, bagaimana dalam era
begini melindungi jiwa kebijaksanaan Buddha, jangan sampai terputus.
Maka itu
bagi praktisi berkeluarga, saya selalu mengingatkan kalian semuanya, Master Hai
Xian merupakan sebuah contoh teladan yang amat baik, benar-benar melatih diri,
secara diam-diam dan tidak terkenal, tak perlu diketahui orang lain.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli
2015
目前最重要的,是要講經弘法的人才。講經弘法的人才,一定要學釋迦牟尼佛,釋迦牟尼佛怎麼樣?吃苦耐勞,忍辱負重,不能有道場,有道場就跟別人鬥爭了。沒有道場,沒有信徒,一般寺院裡面的出家人,可以原諒你,為什麼?跟他沒有利害。他那麼大的道場需要開銷,他需要信徒供養。我們這裡講經的,沒有信徒,沒有法會,沒有經懺佛事,他那批信徒不到我們這來。我們這邊聽經的朋友們、同學們也可能到他們廟裡去燒燒香,參加法會。所以決定不能有利害衝突,我們才能生存,有利害衝突,我們的力量太薄弱了。所以個人念佛求往生沒問題,跟他們不衝突,要建一個道場天天講經教學會發生衝突。我們用衛視、用網路,這個沒問題,這個什麼?我們就是一個攝影棚,沒有講堂,沒有聽眾。這他可以通融,可以原諒你的。有緣的人就自己裝一個天線接收,有緣的人還是佔少數,不是佔多數,多數還不知道。所以時節因緣我們要認識清楚,如何在這個時代護佛慧命,不至於中斷。
所以在家修行,我常常提醒同學們,海賢老和尚就是一個很好的榜樣,真正修行,默默無聞,不必讓人知道。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一四集) 2015/7/17
Sepanjang
hidupku, bila tidak bertemu dengan Pengurus Han (Upasika Han Ying) sekeluarga
yang telah menjagaku, maka takkan ada hari ini. Sungguh sulit diperoleh! Saya
tinggal di rumah mereka selama 17 tahun, barulah kemudian ada perpustakaan.
Pengurus Han mendukungku hingga beliau meninggal dunia pada usia 76 tahun, dia
lebih tua 5 tahun dariku. Ketika beliau meninggal dunia saya berusia 71 tahun.
Selama 30
tahun dia terus memberiku dukungan, budi besarnya takkan bisa terlupakan! Jika
tanpa 30 tahun ini, maka takkan ada keberhasilan hari ini. Setelah beliau
meninggal dunia, saya meninggalkan Taiwan, jodohku dengan Asia Tenggara mulai
masak, saya menetap di Singapura selama tiga setengah tahun, kemudian
berimigrasi ke Australia.
Jodohku di
Australia sungguh istimewa, di sana kami mendirikan sebuah Pure Land Learning
Society, tahun ini sudah memasuki tahun ke-13, di dalamnya ada anggota Sangha
dan umat berkeluarga yang jumlahnya belasan orang, saya memberi motivasi pada
mereka, setiap hari juga harus memberi ceramah, jangan sampai terputus.
Jika ingin
berhasil maka harus menfokuskan pada satu pintu Dharma dan mendalaminya,
setelah satu topik selesai diceramahkan kemudian diulang lagi untuk kedua
kalinya, karena setiap kali anda mengulangi menceramahkannya, maka anda akan memperoleh pencerahan
yang berbeda-beda.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juli
2015
我這一生,如果沒有遇到韓館長這一家人照顧,早就完了。太難得了!我在她們家裡住了十七年,才有個圖書館。韓館長一直照顧我到往生,她是七十六歲往生的,她大我五歲,我那一年七十一歲。三十年,護持三十年,這個恩不能忘!如果沒有這三十年,就不會有今天的成就了。她走了以後,我離開台灣,南洋這邊的緣成熟了,我在新加坡住了三年半,然後移民到澳洲。澳洲的緣非常殊勝,我們在澳洲建立一個淨宗學會,今年也十三年,裡面在家出家有十幾個人,我鼓勵大家,天天出來講,講經不能中斷。要想成就就要一門深入,一遍講完了,從頭再講第二遍,遍遍不一樣。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一四集) 2015/7/17