Praktisi
Ajaran Buddha memiliki mawas diri yang sedikit lebih tinggi, setiap malam saat
terlelap, maka di dunia ini apa lagi yang merupakan milik anda? Anda sudah
terlelap, bahkan apa yang terjadi dengan dirimu, anda juga tidak tahu sama
sekali.
Di dalam
Sutra Intan tercantum bahwa segala sesuatu yang merupakan hasil perpaduan
unsur-unsur (unsur tanah, air, api dan angin) adalah bagaikan mimpi, khayalan,
gelembung sabun dan bayangan, juga bagaikan embun dan kilat, seharusnya membuat
perenungan sedemikian.
Setelah
meninggal dunia baru tahu bahwa segalanya adalah tidak kekal, apapun tidak bisa
dibawa pergi. Setiap malam kala terlelap adalah serupa dengan sudah mati,
ketika anda tertidur nyenyak, orang lain mengangkat lalu membawa kabur dirimu,
anda juga tidak tahu, ini adalah benar adanya.
Maka itu
benda mana yang anda miliki? Manusia di dunia ini telah tersesat, mereka
terlena menganggap bahwa barang-barang semu ini sebagai nyata adanya, harus
menjadi kepemilikan sendiri. Tubuh sendiri saja tidak bisa diperoleh, setiap
saat terus mengalami penuaan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Juli
2015
學佛的人警覺性比較高一點,每天晚上睡覺睡著了,這個世間什麼是你的?你睡著了,連你身體都不知道。《金剛經》說得好,「一切有為法,如夢幻泡影,如露亦如電,應作如是觀」。死了才知道一切無常,一樣也沒帶走。每天晚上睡覺就是小死一次,當你睡得很甜的時候,人家把你抬走了你都不知道,這是真的不是假的。所以哪一樣東西是自己的?世間人迷了,迷什麼?就是迷這樁事情,把這些假東西都當作真的,要據為己有。自己的身都不可得,剎那生滅。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一五集) 2015/7/19
Penduduk
di Alam Sukhavati tidak memiliki niat pikiran, benar-benar dapat melakukan
takkan timbul niat pikiran, takkan membeda-bedakan juga takkan ada kemelekatan,
kemampuan seperti ini Siapa yang memberikannya?
Bukanlah
hasil pencapaian sendiri, jika ingin melatih diri hingga mencapai kemampuan ini
harus memerlukan waktu yang sangat panjang. Untuk terlahir di Alam Sukhavati
sepenuhnya mengandalkan kekuatan Buddha Amitabha, bukanlah mengandalkan
kekuatan diri sendiri.
Untuk
mengandalkan kekuatan Buddha diperlukan dua syarat, yakni yang pertama adalah
benar-benar yakin adanya Alam Sukhavati, di dalam sutra tercantum bahwa secuil
keraguan pun tidak boleh ada; syarat kedua adalah benar-benar bertekad ingin ke
sana, terhadap Alam Sukhavati tiada keraguan sama sekali.
Dengan
memiliki keyakinan benar dan tekad benar, maka Buddha Amitabha akan
mengetahuinya. Dengan mempertahankan keyakinan benar dan tekad benar, takkan
tergoyahkan, tidak boleh ada keraguan dan kemunduran. Hari ini berniat ke Alam
Sukhavati, tetapi besoknya masih mendambakan dunia ini, maka ini bukanlah tekad
benar, ini adalah palsu, yang palsu itu tidak dapat menggugah Buddha Amitabha,
hanya niat tulen yang dapat menggugah Buddha Amitabha.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Juli
2015
極樂世界的人沒有念頭,真的不起心不動念、不分別不執著。這個能力誰給他的?不是他自己修成的,修成要很長的時間。往生西方極樂世界完全靠佛力,不是靠自己。靠佛力的條件就是兩樁事情:第一個,真正相信極樂世界真有,經上講的你一點懷疑都沒有,你都把它當真;第二個條件,真想去,對極樂世界不懷疑,第二個我真想去。你有真願、真信,阿彌陀佛就知道了。你這個真信真願要堅持下去,不能動搖,不能懷疑,不能退心。今天想真去,明天又捨不得離開這裡,那就不是真的願,那是假的,假的不能感動阿彌陀佛,真的能感動。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一五集) 2015/7/19
Tahun-tahun
sebelumnya ketika saya masih berada di Amerika, sekitar dua atau tiga puluh
tahun yang lalu, saya pernah berkata pada kalian bahwa Agama Buddha itu ada
empat jenis.
Jenis yang
pertama adalah Ajaran Buddha seperti yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni
sekarang sudah tidak ada lagi; yang kedua adalah Agama Buddha yang sudah
berubah jadi kepercayaan belaka, tidak ada ceramah dan pengajaran lagi,
mengadakan upacara-upacara, upacara pertobatan dan ritual lainnya, menjadi
kepercayaan takhayul.
Jenis yang
ketiga adalah Agama Buddha yang telah berubah menjadi ilmu pengetahuan, di
dalam perguruan tinggi, ada mata kuliah Sutra Buddha, tempo dulu saya masih
jadi dosennya selama lima tahun, saya mengajar di Chinese
Culture University selama lima tahun, sudah berubah jadi ilmu pengetahuan; dan
jenis yang terakhir adalah berubah menjadi aliran sesat, memakai papan merek
Agama Buddha lalu melakukan hal-hal yang bertentangan dengan Dharma.
Itulah empat jenis yang pernah saya sampaikan tempo dulu.
Lalu bagaimana pula dengan sekarang? Sekarang sudah menjadi enam jenis,
ditambah dengan yang satu jenis adalah Agama Buddha Bisnis, menjadikan Agama
Buddha sebagai sarana jual beli, lihat saja di seluruh dunia ada cabang
viharanya, ibarat kantor pusat lalu ada kantor cabangnya, inilah yang muncul di
jaman modern.
Lalu muncul lagi satu jenis lainnya yakni Agama Buddha Travel,
yakni yang bergerak di bidang tamasya. Di Tiongkok banyak terdapat
vihara-vihara dan panorama indah yang bisa dikunjungi buat tamasya, ini sungguh
tak berdaya, vihara-vihara yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun,
barang antik, mengundang banyak turis berkunjung ke sana untuk melihatnya,
sehingga vihara ini sejak pagi hingga malam sibuk meladeni turis, tidak punya
waktu buat melatih diri.
Maka itu sekarang sudah jadi enam jenis, anda termasuk yang
mana?
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Juli
2015
早年我在美國的時候,二、三十年前,我跟大家講,那個時候我講佛教有四種。釋迦牟尼佛講經教學的佛教現在沒有了;第二個是宗教的佛教,變質了,不講經教學了,做法會、做經懺佛事,變成宗教的佛教,第二種;第三種,學術的佛教,大學裡頭,哲學系裡面有佛經的課程,早年我還教了五年,我在文化大學教了五年,變成學術了,變成哲學;最後一種,邪教,打著佛教的招牌做違法的事情,四種。現在呢?現在我講六種,又加了兩種,一種是企業的佛教,把它當作商業、企業來做,你看全世界到處都有它的道場,分公司,它有總公司,它有分公司,這個近代出現的。還出現一種,旅遊的佛教。大陸上許多佛教道場,觀光旅遊景點,那個沒辦法,歷史悠久,這個寺廟幾千年、幾百年,古董,到中國來旅遊的人都想去看看,這個道場從早到晚都是接待觀光客,沒有時間修行。現在六種,你屬於哪一種?
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一五集) 2015/7/19
Saat
sekarang untuk sarana pendidikan paling bagus menggunakan yang satu ini, tidak
memerlukan aula buat khotbah, juga tidak memerlukan vihara, hanya sebuah studio
rekaman mini sudah cukup, pendengar tidak perlu bertatap muka, dia mengenali
diriku, tetapi saya tidak mengenalinya.
Kami bukan
organisasi besar dan hebat, kami juga tidak memiliki susunan kepengurusan
organisasi, tidak punya umat, hanya sendirian saja, betapa bebasnya. Semua yang
diceramahkan dibuat dalam kepingan DVD, dapat dilestarikan, apa kegunaannya? Kelak
jika berjodoh mendirikan sebuah universitas Buddhis, ini merupakan bahan
kuliah. Pakai saja DVD, tidak perlu mencari tenaga pengajar, urusan jadi mudah!
Kini
usiaku sudah lanjut, tidak ingin mengurus orang lagi, sepanjang hidupku juga
tidak pernah mengurus orang lain, tetapi saya berharap ada orang yang mau
berniat mendirikan sebuah universitas Buddhis, saya akan menyerahkan semua DVD
ceramahku padanya, tidak perlu mencari tenaga pengajar, pasti dapat mengajar
anak didik dengan baik.
Saat kini
di Chaozhou, Provinsi Guangdong, di Ruangan Kuliah Dao De, merupakan salah satu
perumpamaan ini, dia berhasil melakukannya, secara keseluruhan menggunakan DVD,
tidak ada tenaga pengajarnya. Menurut dugaanku, 20 tahun lagi, kira-kira
sekolah menengah atas dan selanjutnya akan menitikberatkan pada penggunaan DVD
untuk mengajar, mengapa demikian? Sudah tidak ada guru lagi.
Saat kini
dunia pendidikan semakin merosot, generasi demi generasi tidak lebih baik daripada
generasi sebelumnya, guru yang baik sudah tidak ada lagi. Apa alasannya? Murid
yang baik juga sudah tidak ada lagi, murid yang berhati suci dan seimbang,
tulus, jujur dan tahu hormat sudah tidak ada lagi. Murid yang baik sudah tidak
ada lagi, jadi apa yang harus diajari oleh guru yang baik?
Guru sudah
tidak berdaya mengajar, sehingga ini menjadi siklus yang buruk. Maka itu hal
ini tidak boleh tidak dipahami.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Juli
2015
現在的教學用這個最好,沒有講堂、沒有道場,小小攝影棚就行了,聽眾不見面,他認識我,我不認識他。我們沒有山頭,我們沒有組織、沒有群眾,孤家寡人,逍遙自在。所講的東西統統製作成光碟,能保留下來,做什麼用?將來真正要辦一所佛教大學,這些都是教材。用光碟,不要請老師,省多少事!
我現在是年歲太大了,不想管人,一生沒管過人,但是我希望有人能發心辦一個佛學院,我把我所有光碟都送給他,你就用光碟教學,不要請老師,肯定能把學生教好。現在廣東潮州道德講堂就是個例子,它辦得非常成功,完全用光碟,沒有老師。在我想像當中,二十年之後,大概高中以上都要偏重在光碟教學了,為什麼?沒老師了。現在學術走下坡,一代不如一代,好老師沒有了。什麼原因?好學生沒有了,心地清淨平等、真誠恭敬的學生沒有了。學生沒有了,老師教什麼?老師無法教了,這變成一個惡性的循環。所以我們不能不懂,不能不知道。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二一五集) 2015/7/19