“Karir Buddha”,
Buddha hanya mengerjakan satu hal yakni mendidik, dengan perkataan lain adalah
membantu para makhluk mencapai pencerahan dan menemukan kembali Jiwa
KeBuddhaannya. Jadi Buddha hanya memiliki satu hal ini saja yang harus
dikerjakan.
Kita juga harus
memahami bahwa kita datang ke dunia ini juga demi satu tujuan, yakni memutuskan
klesa (kekotoran batin), mencapai KeBodhian (pencerahan). Sejak pagi hingga
malam, menghadapi setiap insan dan persoalan, ini adalah melatih diri. Apa yang
dilatih? Yakni takkan digoyahkan oleh kondisi luar, inilah yang kita latih.
Bagaimana
caranya agar kita tidak terpengaruh oleh kondisi luar? Yakni tidak menyimpan
segala sesuatu di dalam hati, maka dengan demikian batin kita takkan terganggu
oleh kondisi luar, menyimpannya di hati adalah orang awam, tidak menyimpannya
di dalam hati adalah melatih diri, inilah yang disebut sebagai siswa Buddha.
Orang jaman
sekarang menyalahtafsirkan makna dari “Karir Buddha”, manusia modern mengira
bahwa karir Buddha adalah mengadakan upacara-upacara dan ritual-ritual, memohon
berkah, mengadakan upacara besar-besaran dan sebagainya, inilah yang
disalahartikan sebagai karir Buddha. Inilah yang menyebabkan Ajaran Buddha
berubah jadi kepercayaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2015
「佛事」,佛的事業,佛所作所為,佛只做一樁事,就是教化,所以佛事「亦即一切有益於佛道之事」;換句話說,就是幫助眾生大徹大悟、明心見性的大事,佛沒有別的事,就這一樁事情。
我們要曉得,我們今天到這個世間來,就一樁事情,什麼事情?斷煩惱、證菩提。日常生活當中,從早到晚面對著一切人事物,這是修行,修什麼行?不為外境干擾,修這個。怎麼不為外境干擾?不把這些東西放在心上,就不受干擾。放在心上就是干擾,就是凡夫;不放在心上就是修行,就是佛弟子。
現在人,現在講做佛事,做佛事是什麼意思?做佛事是祈福、是超度,做法會這些做佛事。這就是佛教變成宗教,是一般人所說的宗教,不是中國人所說的宗教。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二六六集) 2015/10/19
Baru-baru ini
ada beberapa praktisi yang kami kenal telah meninggal dunia, sejak akhir tahun
lalu hingga pertengahan tahun ini, ada sekitar 5 atau 6 orang. Kami berpesan
padanya, asalkan melepaskan semua kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal
Amituofo bertekad lahir ke Tanah Suci Sukhavati, setiap orang pasti dapat ke
sana; untuk terlahir ke Alam Sukhavati tidaklah sulit, asalkan membangkitkan
keyakinan benar dan tekad benar, melafal Amituofo baik satu hingga sepuluh
lafalan juga bisa terlahir ke Alam Sukhavati.
Saya dengar
kabar bahwa diantara mereka itu ada yang semasa hidupnya melakukan karma buruk,
karma buruk ini dapat merintangi usahanya terlahir ke Alam Sukhavati, jadi
harus bagaimana? Sebelum ajal menjemput harus memperbanyak lafalan Amituofo, menempatkan
karma buruk di satu sisi dulu, jangan dipedulikan, jangan memikirkannya; begitu
teringat maka rintangan muncul di hadapan, sehingga tidak bisa terlahir ke Alam
Sukhavati, jadi tidak boleh dipikirkan!
Segala sesuatu
muncul dari pikiran. Yang paling penting sekarang adalah sebersit niat pikiran
saat kini, yang lalu sudah berlalu, di dalam Sutra Intan disebutkan bahwa baik
pikiran masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang juga tidak bisa dipegang
karena pikiran kita selalu berubah-ubah, maka
itu sebersit niat pikiran saat kini adalah sebegitu pentingnya, jangan biarkan
sebersit niat pikiran buruk ini memancing keluar seluruh niat buruk masa silam,
kerugian ini bisa besar sekali.
Apa yang disebut
dengan pertobatan sesungguhnya? Yakni dengan ketulusan hati melafal Amituofo,
inilah pertobatan sesungguhnya. Setiap suara adalah lafalan Amituofo, tiada
karma buruk, inilah pertobatan sesungguhnya, harus dipahami. Tidak perlu
mengikuti upacara dan ritual pertobatan, tiada gunanya, tidak bisa mengikis
dosa, mengapa demikian?
Oleh karena
perbuatan jahat anda masih berada di dalam pikiran anda, anda belum menghapusnya,
jadi masih ada. Tetapi bila pikiran anda dipenuhi lafalan Amituofo, selain
sepatah Amituofo tiada lagi yang lain, maka semua karma buruk akan tergusur
dari pikiran anda.
Tidak memikirkan
masa mendatang juga tidak memikirkan masa silam, jadi hanya memikirkan saat
kini, saat kini memikirkan apa? Memikirkan Alam Sukhavati, memikirkan Buddha
Amitabha, memikirkan bahwa saya sudah yakin benar, saya juga sudah bertekad
benar, saya benar-benar berniat terlahir ke Alam Sukhavati, inilah yang harus kita
pikirkan, yang lainnya tidak patut kita pikirkan.
Dalam melewati
kehidupan, ada yah bagus, tidak ada juga bagus; ada, tidak menyimpannya di
hati, tidak ada, juga takkan menyimpannya di hati. Ketika berkunjung ke luar
negeri, saya hanya membawa satu koper yang berisi beberapa stel pakaian ganti
saja. Yang lainnya tidak mau lagi, tak terpikir lagi, ini baru leluasa.
Ketika Buddha
Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau hanya membawa tiga helai
jubah dan satu patra berkelana, sedangkan kita sekarang sudah membawa lebih
banyak daripada Beliau, ditambah lagi koper kecil. Bila kelak anda sudah bisa
lebih sesederhana mungkin, maka selamat ya, anda sudah berhasil, harus
dipahami.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2015
最近,有好幾位同修,都是我們很熟悉的,往生了,去年年底到今年這半年當中有五、六個往生。我們囑咐他,只要放下萬緣,一心念佛求生淨土,人人都去;往生淨土不難,只要真信真願,念個一聲十聲佛號就行了。聽說有些在世間的時候造作一些罪業,這些罪業會障礙他往生,那怎麼辦?在臨命終之前,決定加強佛號,把以前造的那些丟在一邊,不理它,不要去想它;一想,障礙現前,就去不了,不能想!一切法從心想生。最重要的是現前一念,過去已經過去了,《金剛經》說的,過去心不可得,未來心不可得,就是當下這一念,這一念重要,不要讓這一念的不善把過去所有不善全勾出來,這個虧就吃大了。真正懺悔是什麼?老實念佛就是真正懺悔。聲聲都是阿彌陀佛沒有惡業,真懺悔,一定要懂得。不要去拜這個懺、拜那個懺,沒用,懺不掉,為什麼?你念頭上沒除掉,就是你沒懺掉。念頭上純一阿彌陀佛,除一句阿彌陀佛之外什麼都沒有,什麼都懺掉了。理跟事都要搞清楚,都要搞明白。就是不想未來、不想過去,只想現在,現在想什麼?想極樂世界,想阿彌陀佛,想著我真相信、我真發願、我真求往生,這是應該想的,其他的不應該。有,很好,沒有也很好;有,不放在心上,沒有也不放在心上。外國同修找我,我旅行只帶一個行李箱,裡頭裝幾件衣服,換洗衣服,其他的都不要了,都不想了,這才自在。釋迦佛當年在世,旅行三衣一缽,我們現在比他還多一點,還有個小行李箱。愈簡單愈好,簡到不能再簡的時候,恭喜你,你成功了,要懂。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二六六集) 2015/10/19