Pepatah
kuno mengatakan bahwa “Sekali jatuh ke alam penderitaan dijalani selama lima
ribu kalpa”, waktu tersebut dihitung dengan menggunakan kalpa, meskipun
dihitung pakai kalpa kecil juga sudah merupakan masalah besar, lima ribu kalpa
kecil, bukan main!
Kapan
anda baru dapat keluar? Makhluk yang jatuh ke alam penderitaan, baru keluar
sekejab saja sudah masuk kembali lagi. Memiliki kesempatan terlahir di alam
manusia adalah berkat pelatihan diri selama kalpa yang tak terhingga, jika
tidak memiliki pelatihan diri selama kalpa yang tak terhingga, mana mungkin
bisa begitu mudah anda bertumimbal lahir ke alam manusia!
Setelah
datang ke alam manusia lalu bagaimana? Orang yang tersesat lebih banyak,
sedangkan yang tercerahkan hanya sedikit. Terutama hidup di lingkungan masa
kini, dari dalam diri ada unsur lobha, dosa, moha dan kesombongan yang tidak
dilenyapkan, mementingkan diri sendiri. Sementara di luar ada godaan dari tujuh
perasaan (sukacita, marah, sedih, senang, suka, benci dan nafsu keinginan) dan
Panca Kamah (kegemaran akan harta benda, rupa, ketenaran, makan dan tidur). Maka
itu begitu gampangnya jatuh kembali ke alam penderitaan, sungguh mengerikan!
Ini tidak boleh tidak diketahui.
Kita
menganggap kehidupan yang semu ini sebagai yang nyata adanya, semua ini sudah
tersesat, mengikuti begitu saja ke mana arus membawa. Datang ke dunia ini
adalah ibarat menghirup sehela udara segar, lalu begitu membalikkan badan sudah
jatuh kembali ke alam penderitaan, para Buddha dan Bodhisattva memandang hal
ini sebagai makhluk yang sungguh kasihan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7
Oktober 2015
古諺語所謂「惡道一墮五千劫」,時間是用劫算的,就是小劫也不得了,五千個小劫還得了!什麼時候你才能出得了頭?墮在三惡道的,有又來的,那都是無量劫修行的基礎,如果沒有無量劫修行,哪有那麼容易你又到人間來!到人間來怎麼樣?迷的多,悟的少。特別是我們今天這個環境,內貪瞋痴慢沒斷掉,自私自利沒放下,外面七情五欲的誘惑。所以很容易又墮落,很可怕!這是我們不能不知道的。我們把假的當作真的,真的完全迷了,完全不知道,隨波逐流。到人間來,這短短的幾十年,像吸一口新鮮空氣,一轉身又下去,又沉下去了,佛菩薩眼睛裡頭叫可憐憫者。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二六O集) 2015/10/7
Buddha
dan Bodhisattva memberitahukan pada kita bahwa “Segala sesuatu yang merupakan
perpaduan unsur adalah semu”. Segala sesuatu yang merupakan perpaduan unsur
(unsur tanah, air, api dan angin), apakah dengan demikian anda bisa melepaskan
kemelekatan? Apakah anda dapat merelakannya? Tidak bisa. Mengapa demikian?
Meskipun
sudah membaca sutra Buddha, mendengar ceramah Dharma, bahkan sudah
berulang-ulang mendengar ceramah sehingga sudah bisa menghafalnya, bahkan juga
bisa menceramahkannya kembali, tapi apa daya tidak sanggup mengamalkannya.
Bahkan
sama sekali tidak menganggap bahwa perkataan Buddha itu adalah nyata adanya,
meskipun tidak menentangnya namun di dalam hatinya masih segudang tanda tanya, beginilah
sehingga penyakit muncul dari sini. Lalu apa yang harus dilakukan?
Yakni
harus bertobat melenyapkan rintangan karma, melakukan pertobatan dengan
bersungguh-sungguh. Dengan cara apa untuk melakukan pertobatan? Cara yang
paling bagus adalah menfokuskan pikiran melafal Amituofo, selain lafalan
Amituofo, semua kemelekatan harus dilepaskan, ini barulah pertobatan yang
sesungguhnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7
Oktober 2015
佛菩薩給我們說,「凡所有相皆是虛妄」。凡所有相,你能放下嗎?你能捨掉嗎?不能。為什麼?佛經上講的,聽了,聽了很多遍,很熟悉,也會講了,做不到。並沒有以為佛這句話是真話,縱然不反對,裡頭問題很多,病就發生在這裡。那怎麼辦?懺除業障,要真正懺悔。用什麼方法懺悔?最好的方法,一心專念阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外全放下,這真懺悔。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二六O集) 2015/10/7
Kehidupan
manusia bukan hanya satu kehidupan ini saja, selama kelahiran demi kelahiran
tersesat di dalam lingkaran tumimbal lahir, berusaha mencari jalan keluar namun
sayangnya selalu gagal. Dalam kehidupan ini bisa bertemu dengan Pintu Dharma
Tanah Suci, anda sungguh beruntung sekali! Tetapi sebagian praktisi setelah
bertemu dengan pintu Dharma ini lalu bagaimana?
Tabiatnya
sungguh berat, dia tidak memperoleh manfaat yang sesungguhnya dari Buddha
Dharma, dia telah menyalahgunakan dan menggunakannya secara sesat, menggunakan
Buddha Dharma untuk meraih ketenaran dan keuntungan, ini sudah salah, bukan
hanya tidak menimbun berkah kebajikan, tetapi menciptakan karma buruk.
Karma
buruk yang dia perbuat ini lebih berat dari dosa apapun, bersikap munafik
berpura-pura mendukung Buddha Dharma padahal tindakannya adalah merusak Buddha
Dharma, sehingga banyak orang jadi hilang keyakinannya terhadap Buddha Dharma,
memutuskan jiwa kebijaksanaan Dharmakaya para makhluk, akibatnya jatuh ke
Neraka Avici.
Hari
ini kita lihat, apakah orang begini ada atau tidak ada? Ada, bukan hanya ada bahkan amat banyak.
Apakah bisa dinasehati? Tidak bisa karena mereka sudah tersesat amat mendalam,
tidak bisa kembali ke jalan yang benar.
Praktisi
sejati itu jumlahnya tidak banyak, terutama Aliran Sukhavati, praktisi yang
belajar dengan kesungguhan hati dan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati
mencapai KeBuddhaan, memberikan kepada semua makhluk manfaat yang sesungguhnya,
ini adalah nyata adanya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7
Oktober 2015
人不止這一生,生生世世都在六道裡頭迷惑顛倒,都在六道裡頭摸索,永遠摸不出一條光明的道路。這一生當中遇到這個法門,你太幸運了!可是多少人遇到怎麼樣?習氣太重,他沒有得到佛法真正的受用,他把它用歪了、用邪了,拿著佛法去搞名聞利養,這就錯了,不但沒有積功德,他造罪業。這個罪業造得重,比什麼都重,假借佛法而來破壞佛法,讓大眾對佛法信心喪失,斷眾生的法身慧命,這是無間地獄。我們今天看看,這樣的人有沒有?有,不但有,還很多。能不能勸告?不能,迷得太深了,回不了頭,真正學佛的人不多。特別是淨宗法門,真學真往生,真學真有成就,惠予眾生真實之利,絕對不假。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二六O集) 2015/10/7