Apa yang
dimaksud dengan klesa (kekotoran batin)? Yaitu lobha (ketamakan), dosa
(amarah/kebencian), moha (kebodohan), kesombongan dan kecurigaan/keraguan. Bila
muncul kekotoran batin, maka ini adalah salah, sebaliknya yang harus
dibangkitkan adalah prajna (kebijaksanaan). Oleh karena kebijaksanaan dapat
membantu semua makhluk, yakni mendidik para makhluk.
Apa yang
diajarkan? Yakni mengajari agar setiap insan dapat melewati kehidupan yang bahagia,
sepanjang hidup penuh dengan sukacita dalam Dharma. Ke mana harus mencarinya?
Di dalam Buddha Dharma Mahayana. Andaikata di dalam Buddha Dharma Mahayana
tidak ada hal ini, bagaimana bisa memikat begitu banyak praktisi datang
mempelajarinya? Bagus sekali!
Tetapi praktisi
yang serius belajarnya jumlahnya sedikit, sementara yang datang belajar sambil
membawa serta khayalan, jumlahnya banyak. Kenapa dibilang membawa serta? Karena
tidak melepaskan kemelekatannya maka itu dia datang sambil membawa serta. Harus
dilepaskan sampai sebersih-bersihnya barulah pembebasan diperoleh.
Pakaian hanya
untuk melindungi tubuh dari hawa dingin, makanan asalkan bisa mengenyangkan
sudah cukup, jangan tamak, rumah mungil asalkan bisa melindungi dari angin dan
hujan maka sudah cukup, anda akan memperoleh pembebasan besar. Manusia yang
tahu merasa cukup baru bisa mencapai KeBuddhaan.
Manusia yang
tidak mempunyai keinginan, “Dengan manusia lain takkan berseteru, terhadap
dunia ini takkan ada keinginan”, maka anda akan memperoleh kebebasan besar.
Maka itu hal ini harus ada kebijaksanaan, kalau tidak punya kebijaksanaan maka
dia malah akan jadi curiga, kehidupan seperti itu akan begitu menyiksakan.
Justru dia tidak
tahu bahwa kehidupan macam begini adalah begitu membahagiakan, batin tiada
tekanan takkan ada kekhawatiran, tiada kerisauan, takkan ada khayalan, juga
takkan ada bentuk-bentuk pikiran, menurutmu betapa bahagianya badan sehat dan
kuat, ragam penyakit takkan muncul.
Master Hai Xian
telah memperlihatkan teladan pada kita, dengan usia 112 tahun masih memanjat
pohon, di depan vihara mereka ada sebatang pohon Persimmon, ketika umat
berdatangan, beliau akan memanjat ke atas pohon untuk memetik buah Persimmon
buat dibagikan kepada semuanya.
Sejak kecil
Master Hai Xian dibesarkan di dalam keluarga petani, ayahbundanya hidup
berladang, sejak kecil beliau sudah belajar bercocok tanam, sepanjang hidupnya melakukan
pekerjaan ini. Beliau membuka lahan persawahan, di dusun terpencil tanah-tanah tandus
tidak ada yang menggarap, beliau pergi membukanya, berhasil menggarap hingga
lebih dari 6,67 hektar luasnya.
Saat panen tiba,
selain diperuntukkan bagi penghuni vihara, vihara mungil tersebut hanya dihuni sekitar
4 atau 5 orang saja, buah panen takkan bisa dihabiskan semuanya, jadi diberikan
kepada korban bencana di seluruh pelosok, di wilayah mana yang dilanda bencana
kekurangan pangan, maka mereka akan mengirimnya ke sana.
Mereka takkan
menjual hasil panen untuk diuangkan, juga takkan diuangkan untuk memperindah
vihara sendiri atau untuk keperluan vihara, Master Hai Xian takkan
memikirkannya. Asalkan gubukku ini bisa melindungiku dari angin dan hujan maka
sudah cukup, tidak perlu memperluasnya lagi.
Lihatlah hati
orang begitu sucinya, melewati kehidupan begitu sederhananya, sungguh sebuah
teladan yang bagus, ini mengajari kita untuk tidak melekat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2015
煩惱是什麼?是貪瞋痴慢疑,是生這個東西,那就錯了。完全生的是智慧,這個智慧可以幫助一切眾生,就是教化眾生。教什麼?教一個人一生過著幸福美滿的生活,一生生活在法喜充滿當中,好不好?好!到哪裡去找?大乘佛法。大乘佛法要沒有這些東西,怎麼能夠吸引那麼多的人去學習?真好!
可惜真學的人少,帶著虛妄學習的人多。怎麼說帶著的?沒有放下就都帶了。要放下,放得乾乾淨淨,得大自在。衣服只要保暖,飲食只要吃飽就夠了,別貪,房屋只要可以遮蔽風雨就行了,你就得大自在。人知足就成佛。人無求,「於人無爭,於世無求」,你就得大自在。所以,這個要有智慧,沒有智慧他懷疑,那個生活多苦。他沒想那生活真樂,心裡面沒有憂慮、沒有煩惱、沒有妄想、沒有雜念,你說你多幸福,身體強健,百病不生。海賢老和尚做出榜樣給我們看,一百一十二歲還要爬樹,他門口有棵柿子樹,信徒來了,他爬到樹上去摘柿子分給大家,一百一十二歲。從小生長在農家,父母都是種田的,他從小就學會種田,一生種田,好,在這個時代。他開荒,鄉下荒山沒有人種的,他去開,開了一百多畝。種的東西都豐收,除了自己小廟,小廟只有四、五個人,吃不完,拿去救災,四面八方的,這些臨近的,哪個地方有災難,沒有糧食吃的他就送,救濟貧苦。他不拿去賣錢,不拿去做為擴建自己道場的這些用途,他沒想到。我這個幾間草屋可以遮蔽風雨,行了,不必擴充了。人家心多清淨,生活多麼單純,真是好榜樣。這是教我們不執著。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二六八集) 2015/10/25
Kesabaran itu
harus dilatih, jika tidak bersabar maka tidak bisa berhasil. Dari kisah Master
Hai Xian ada diceritakan tentang adik seperguruannya yang bernama Hai Qing, pada
usia 80 lebih wafat, meninggalkan tubuh relik yang masih utuh, hingga kini tubuh
relik ini masih ada di sana, Ksanti Paramita atau kesabaran yang dilatih oleh
Master Hai Qing patut mendapat pujian!
Orang lain
memukulinya, memarahinya, segalanya dihadapi dengan kesabaran. Ketika
orang-orang di sekitarnya merasa tidak adil, dia malah menasehati mereka,
kalian tidak boleh bersikap begitu pada orang lain, orang lain memukuli dan
memarahiku adalah membantuku mengeliminasi rintangan karma, seharusnya saya
berterimakasih pada mereka, kalian mana boleh menyalahkannya?
Master Hai Qing
memberikan teladan dalam bentuk tindakan nyata, sepanjang hidupnya hal-hal yang
melatih kesabarannya terlampau banyak, dimana orang lain tidak bisa
mentolerirnya, semuanya dihadapi dengan sabar olehnya. Di hati beliau semua
orang adalah orang baik, segala hal adalah hal yang baik, memukuli dan
memarahiku juga adalah hal yang baik. Iri hati, benci dan menghalangiku, bahkan
sampai melukaiku, mereka itu adalah orang baik, juga adalah hal yang baik.
Master Hai Qing
juga tidak mengenal aksara, sejak kecil sudah meninggalkan keduniawian. Beliau
terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan. Jasad beliau
dimasukkan ke dalam gentong (kendi air besar yang terbuat dari tanah liat)
dalam posisi duduk bersila selama enam tahun, ketika tutup gentong dibuka,
jasad beliau masih awet bahkan jubahpun masih utuh. Kemudian seluruh jasadnya
dilapisi emas, dipuja di Aula Vajra, di vihara mereka ada aula mungil yang
disebut Aula Vajra.
Master Hai Qing
memperlihatkan pada kita Ksanti Paramita, tiada yang tidak bisa disabarin.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2015
忍辱功夫要修,不能忍就不能成就,忍辱是很好的增上緣。我們在海賢故事裡頭,記載著有他的弟弟,出家的師弟海慶,也是八十多歲往生的,留了有肉身,現在肉身還供在那個地方,海慶老和尚的忍辱波羅蜜值得稱讚!別人打他、罵他,樣樣都忍。別人在旁邊打抱不平,他就勸他,你們不可以,不可以這樣的態度對人,他說他打我、罵我是替我消業障,我感恩都來不及,你們怎麼可以抱怨?海慶和尚說到做到,一生像這種事情遇到的太多,人不能忍受的,統統能忍受。真的在他心目當中,人人是好人,事事是好事,打我、罵我都是好事。嫉妒我、瞋恨我、障礙我,甚至於傷害我,都是好人,都是好事。世間一般人,超越常情,不能忍受,他能忍受。他也不認識字,從小出家。你看自在往生,預知時至,自在往生。往生坐缸六年,缸打開,連衣服都沒有壞。所以全身貼金,供養在金剛堂,他們有個小堂,金剛堂,供養在那裡。他為我們示現的就是忍辱波羅蜜,沒有不能忍的。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二六八集) 2015/10/25