Dalam buku
“Empat Ajaran Liao-fan”, kita melihat bahwa dia mencatat segala perbuatan baik
yang dilakukannya, sehari melakukan berapa banyak kebajikan, ini merupakan
pahala Alam Dewa dan Manusia, tidak bisa keluar dari Trailokya (Kamaloka,
Rupaloka dan Arupaloka), ini harus dipahami.
Kelahiran kali
ini banyak beramal, kehidupan mendatang bertumimbal lahir di tiga alam bajik.
Kelahiran berikutnya mungkin saja akan melakukan kejahatan, mengapa demikian? Karena
apa yang dirasakannya berguna bagi dirinya sendiri, maka dia akan menghalalkan
segala cara yang merugikan orang lain dan menguntungkan dirinya sendiri,
sehingga karma buruk ini akan mengantarnya jatuh ke tiga alam penderitaan.
Tiga alam
penderitaan mudah dituju, namun sulit untuk bisa keluar. Maka itu selama berada
di enam alam tumimbal lahir, dapat dipastikan bahwa waktu dia berada di tiga
alam bajik adalah singkat, sementara berada di tiga alam penderitaan adalah
sedemikian panjang dan jauhnya. Mata Buddha telah menyaksikan semua ini, maka
itu makhluk di enam alam tumimbal lahir sungguh patut dikasihani.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Januari 2015
我們看《了凡四訓》,了凡先生所修的善,統統記下來,一天做多少樁好事,那是什麼?人天福報,出不了三界,這個一定要知道。在世間是善人,來生三善道,不會墮惡道。來生後世可不可能造作惡業?非常有可能,為什麼?他以為這對我有好處,他會造出損人利己,那個業就把他帶到三惡道去了。三惡道很容易去,很不容易出來。所以只要在六道,肯定的,他在三善道的時間短暫,在三惡道的時間長遠。佛眼看見了,說他叫可憐憫者。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六一集) 2015/1/10
\
Apakah di Alam
Sukhavati juga tidak kekal dan mengalami perubahan? Takkan ada perubahan, ini
adalah pemberkatan kekuatan jasa kebajikan Buddha Amitabha. Jadi setelah
terlahir di Alam Sukhavati, delapan kesadaran berubah menjadi
empat jenis kebijaksanaan Tathagata dan memperoleh tubuh Dharmakaya, yang tidak muncul dan
tidak lenyap, maka itu usianya tak terhingga, wajahnya selamanya awet muda,
takkan berubah.
Berbeda dengan
dunia ini, sebagian alam para Buddha mungkin juga serupa dengan alam kita, ada
muncul dan ada lenyapnya, manusia sejak kecil perlahan menjadi dewasa dan
menua, pada akhirnya harus mati. Waktu begitu singkat, saat masih muda tidak
menyadarinya, pikiran tertumpu di luar, namun saat usia tua, apalagi jika tidak
bisa bekerja lagi, melihat dirinya sendiri, barulah menyadari betapa cepat
waktu berlalu, kini sudah menua dan melemah, manusia tidak berdaya menjadi
pengendali, meskipun terhadap diri sendirinya.
Insan yang
belajar Ajaran Buddha sungguh beruntung karena memahami kenyataan yang
sesungguhnya. Setelah memahaminya maka bertekad terlahir ke Alam Sukhavati,
berhasil memperoleh keabadian, tidak muncul dan tidak lenyap. Ini adalah pahala
besar dan kebijaksanaan tinggi, tanpa pahala besar dan kebijaksanaan tinggi maka
takkan sanggup membangkitkan keyakinan.
Metode ini
merupakan yang paling mudah dilatih dan yang paling sulit diyakini, maka itu
disebut Dharma yang sulit dipercaya, jadi bila dapat meyakininya maka ini
adalah pahala besar dan kebijaksanaan tinggi.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Januari 2015
極樂世界有沒有變化?沒有變化,阿彌陀佛威神功德所加持的。也就是往生到極樂世界,八識都轉過來了,轉八識成四智,所以感得的全是法性土,法性身、法性土。法性身、法性土,有這個色相,沒有生滅,所以人壽命長,相貌永遠是年輕,他不變。不像我們這個世界,我們這個世界,大概一般佛國土跟我們差不多,是生滅法,人一年一年成長,慢慢從小到衰老,最後到死亡。時間非常快,年輕的時候沒有感覺到,注意力在外面,年老的時候,尤其是不能再工作了,他看到自己,才知道光陰快,衰變,人做不了主,自己沒辦法做主。學佛的人太幸運了,他了解事實真相。
事實真相了解之後,要真的了解事實真相,決定求生淨土,找到永恆,不生不滅。這得大智慧、大福報,沒有大智慧、沒有大福報,他不相信。這個方法最容易、最難信,叫難信之法,難信能信,那是大智慧、大福報。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六一集) 2015/1/10
Ajaran para
Buddha adalah serupa, jadi apakah setiap Buddha juga perlu mendirikan sebuah
Alam Sukhavati? Sesungguhnya setiap Buddha memiliki kemampuan untuk membentuk
sebuah Alam Sukhavati, Mereka dapat melakukannya, namun para Buddha merasa
bahwa hal ini tidaklah perlu.
Jadi tidak sama
dengan dunia kita ini, anda buat satu maka saya juga tidak mau kalah. Para
Buddha takkan berlaku sedemikian, oleh karena Buddha Amitabha telah mendirikan
Alam Sukhavati maka baguslah, biarlah murid-muridKu yang ada di sini Kuantar saja
ke Alam Sukhavati.
Maka itu seluruh
Buddha Tathagata akan mengantar para makhluk yang berjodoh dengan Aliran
Sukhavati, menasehati mereka supaya membangkitkan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati. Di sini Buddha mengantarnya dan di Alam Sukhavati Buddha Amitabha
menjemputnya.
Setelah mencapai
KeBuddhaan, kita akan memahami bahwa seluruh Buddha adalah satu, dan satu
adalah semuanya, jadi tidak ada perbedaan, seluruhnya menyatu ke dalam Nitya
Sthita. Ibarat lampu penerangan di ruangan studio kita ini, ada belasan buah
bola lampu, setelah dinyalakan, cahayanya melebur jadi satu, tidak bisa
dibedakan lagi. Maka itu buat apa membentuk sebuah Alam Sukhavati lagi?
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Januari 2015
佛佛道同,那佛要不要建立一個極樂世界?他可以建,不是不能建,可以建,沒有這個必要。不像我們人間,你辦一個,我也辦一個。他不要,你辦了,好,我這裡學生送到你那邊去。所以一切諸佛如來把這些有緣的眾生,與淨宗有緣的眾生,統統勸導他們,你們到極樂世界去。諸佛在那裡保送,阿彌陀佛在那裡歡迎,在那裡迎接。為什麼?只要一成佛,他心裡明白,一切諸佛是一佛,一佛是一切佛,沒有兩樣,為什麼?統統融入常寂光。像我們房間裡面燈光,十幾盞燈光,打開之後融成一體,光光融成一體,分不出了。何必還要再搞一個極樂世界?
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六一集) 2015/1/10
Di dunia ini
terlebih dulu adalah menyelamatkan diri sendiri, setelah diri sendiri
terselamatkan barulah menyelamatkan insan lain yang berjodoh. Namun juga tidak boleh memaksakan kehendak
pada makhluk lain, jika ada unsur paksaan maka ini sudah salah.
Insan lain
bersedia menerima atau tidak, juga bukan masalah, yang penting kita sudah
menanam akar kebajikan buat dirinya, seperti yang dikatakan bahwa “Begitu
melewati telinga maka benih ini akan tertanam buat selama-lamanya”, pada masa
kehidupan mendatang ketika jodohnya sudah masak, maka dia akan jadi percaya.
Sekarang jodohnya belum masak, jadi harus menanti kelahiran mendatang atau
berikutnya.
Maka itu dalam
menyelamatkan insan lain, jangan sampai menyimpan jejak di hati, jika ada jejak
di hati maka akan menjadi rintangan, harus mengikhlaskan hingga
sebersih-bersihnya. Di hati hanya boleh ditaruh Amituofo, selain Amituofo, yang
lainnya tidak boleh ditaruh di hati.
Andaikata
setelah menyelamatkan insan lain dan anda menaruh hal ini di dalam hati, maka
ini akan menjadi rintangan, rintangan bukanlah berasal dari luar, tetapi adalah
berasal dari diri sendiri yang tidak mampu melepaskan kemelekatan, maka itu
harus benar-benar mengikhlaskannya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Januari 2015
在這個世界,頭一個救自己,自己救了要救別人,救一些有緣眾生。對眾生也不必勉強,勉強我們就錯了,自己錯了。能接受很好,不能接受,給他種了善根,所謂「一歷耳根,永為道種」,他來生後世遇到緣他會相信。在現前他的緣不成熟,來生後世。所以我們心裡頭痕跡都不能有,有痕跡都變成障礙,要捨得乾乾淨淨。確確實實心裡頭只保存阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外,什麼都不能夠放在心上。放在心上就是自己修學淨宗的障礙,障礙不是從外來的,都是從自己放不下的這些東西,真要放下。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六一集) 2015/1/10