Kita
juga dapat membangkitkan niat sedemikian sehingga Buddha akan memperpanjang
usiamu. Tetapi bukanlah karena ingin memohon umur panjang sehingga
membangkitkan niat ini, ini namanya mementingkan diri sendiri, takkan
memperoleh pemberkatan dari kekuatan Buddha. Niat apa yang harus kita
bangkitkan ini? Makhluk sangat menderita dan amat memprihatinkan, melihat para
makhluk melakukan karma buruk dan menerima balasannya, kelak ke mana mereka
akan menuju? Jatuh ke tiga alam penderitaan, hati jadi tidak tega!
Kita
membangkitkan tekad di dunia ini, untuk menjadi teladan praktisi yang baik, menjadi
praktisi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga semua orang dapat
membangkitkan keyakinan hati, dapat melafal Amituofo dan terlahir ke Alam
Sukhavati, maka ini sudah benar, tekad hati ini adalah demi menyelamatkan para
makhluk, adalah demi mempertahankan kelangsungan Dharma sejati (Dharma murni)
maka tinggal lebih lama di dunia ini, dengan sendirinya usia akan memanjang.
Berapa
lama perpanjangan usia tersebut? Selama jodoh dengan para makhluk di dunia ini
masih ada, maka usia tersebut patut diperpanjang. Sebaliknya jika jodoh sudah
usai, bagaimana yang disebut dengan tidak ada jodoh lagi? Yakni orang-orang
tidak sudi mendengar ceramahmu lagi, meskipun anda berusaha dengan berbagai
cara, orang lain juga takkan mempedulikan dirimu lagi, maka ini berarti jodoh
sudah usai, setelah jodoh berakhir maka kapan saja siap untuk pergi, terlahir
ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18
Januari 2015
我們也能發心,發這個心,佛就把你壽命延長。我們不是因為延長壽命而發心的,那個發心是自私自利,得不到佛力加持。發什麼心?眾生太苦、太可憐了,眼看著這些眾生造業、受報,將來到哪裡去?都是三途地獄,這不忍心!我們發願住在世間,做一個好的學佛的樣子,做一個真正往生極樂世界的樣子,讓大家生起信心,都能夠念佛求生淨土,這就對了,這種願心是為眾生,是為正法久住,自然就延長。延長多久?與這個世間眾生的緣分,還有緣分應當延長。沒有緣分,什麼叫沒有緣分?這人不聽你的,你怎麼表演人家不理會你,那就緣分盡了,緣分盡了隨時可以走,自在往生。
Orang
sekarang kalau berikrar adalah untuk memohon ketenaran dan keuntungan, memohon
kekayaan dan kedudukan tinggi, inilah ikrar orang masa kini, apakah bisa
terkabul? Apa yang dapat dia peroleh adalah karena ada di dalam garis hidupnya,
jika tidak ada di dalam garis hidupnya, maka tidak mungkin bisa diperoleh.
Apa
yang ada di dalam garis hidupnya adalah karena pada masa kelahiran lampaunya
memupuk berkah dan kebijaksanaan, pada kelahiran sekarang dia datang untuk
menikmatinya, apabila pada masa kelahiran lampau dia memupuk berkah dan
kebijaksanaan yang besar, maka pada kelahiran mendatang dia akan terlahir ke
Alam Surga untuk menikmati pahalanya, sedangkan bila yang dia pupuk adalah
kecil maka dia akan datang ke dunia manusia.
Saat
sedang menikmati ketenaran dan keuntungan, kadang kala akan melakukan karma
buruk, sampai pahala habis dinikmati, maka buah karma buruknya akan berbuah.
Maka itu insan tempo dulu ada mengatakan tentang “musuh tiga masa kehidupan”,
yang pertama adalah pada kelahiran pertama memupuk berkah dan kebijaksanaan,
kelahiran kedua menikmati pahala, saat menikmati pahala melakukan karma buruk,
kelahiran ketiga pahala habis dinikmati jatuh ke tiga alam penderitaan. Banyak
sekali perumpamaan serupa ini, tak terbilang lagi jumlahnya.
Setelah
memahami kebenaran ini, apakah anda boleh tidak mawas diri? Berapa banyak hartawan yang sanggup melakukan
kebajikan besar? Amat langka! Saat menikmati berkah, orang jadi tersesat,
mereka juga melakukan kebajikan, kebajikan kecil. Hal ini patut dipahami oleh
para praktisi.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18
Januari 2015
現在人發願都是求名求利,求財富、求高官,都發這種願,能不能得到?能得到的是他命裡有的,他命裡沒有的得不到。命裡面有的是過去生中修的福慧,這一生來享受,大的福慧享天福,他到天上去,小的福慧在人間。福享盡了很少有不墮落的,為什麼?在自己擁有名利的時候,偶爾做了不善的業,到福享盡了,那個不善的業就出現,果報就會現前。所以古人有講三世怨,第一世修福慧,第二世享福,享福的時候,把修福慧忘掉了,造業了,第三世福享完,到三途去了。很多很多這個例子,不勝枚舉。明白這個道理,你能不小心、不謹慎嗎?幾個人大富大貴還行大善,修大德、行大善他可以做得到?太少了!享福的時候人就迷惑,也行善事,善事很小,微不足道。這些道理學佛的同學一定要明瞭。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六五集) 2015/1/18
Dalam
memperlakukan orang lain dan makhluk hidup lainnya, dalam kehidupan keseharian,
dalam pekerjaan, haruslah dengan ketulusan hati, orang jujur akan menerima
kerugian, janganlah takut dirugikan. Yang pasti janganlah mencari keuntungan dari
orang lain, mengapa demikian? Karena tidak ada keuntungan yang bisa diperoleh,
andaikata memang ada keuntungan yang bisa diperoleh, maka Buddha dan
Bodhisattva juga akan melakukannya, karena tidak ada keuntungan yang bisa
diperoleh, maka akhirnya apa yang akan didapatkan? Kerugian.
Akibat
yang akan diterima oleh orang yang suka mencari keuntungan dari insan lain
adalah kerugian, ini tidak boleh tidak diketahui. Maka itu lebih baik menjadi
orang yang jujur dan tulus, meskipun dirugikan, namun kerugian itu adalah
berkah, menerima kerugian akan menghapus rintangan karma, setelah rintangan
karma lenyap maka muncullah pahala.
Kita
memupuk berkah tetapi mengapa pahalanya tidak bisa muncul? Ini dikarenakan
adanya rintangan karma (karmavarana). Berkah takkan hilang, setelah rintangan
karma lenyap, maka muncullah pahala. Sejak jaman dulu hingga sekarang adalah
serupa. Maka itu, dapat menerima kerugian, bersukacita menerima kerugian, namun
takkan melakukan hal yang mencari keuntungan dan merugikan orang lain.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18
Januari 2015
待人接物,生活、工作都要學真誠心。這個年頭用真誠心,老實人吃虧,不怕吃虧。決定不能佔便宜,為什麼?佔不到便宜,要真能佔得到便宜,佛菩薩都會佔便宜,佔不到,結果怎麼樣?吃大虧,佔便宜的果報是吃大虧。這個不能不知道。還是老實好,吃虧是福,不是壞事情,吃虧人消業障,業障消了福報就現前。我們修的福,福不能現前,為什麼?有業障。福沒有丟掉,業障消了福報就現前。古今中外莫不如是。所以,能吃虧,歡喜吃虧,絕不做佔便宜的事情。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六五集) 2015/1/18