Alam para Buddha
dari tiga masa di sepuluh penjuru, para makhluk yang menghuninya, masing-masing
memiliki niat hati yang berbeda-beda, oleh karena itu, maka kehadiran insan
suci dan bijak amat diperlukan. Dengan adanya insan suci dan bijak barulah ada
guru yang baik, barulah dia dapat mengajari kita, hari ini kita dapat memahami
ajaran kebenaran adalah berkat insan suci dan bijak.
Maka itu,
mengapa insan suci dan bijak muncul di dunia ini? Untuk mendidik manusia. Contohnya
Bodhisattva di dunia ini, jika Dia merasa bahwa orang ini berjodoh dan dapat
bersukacita menerima ajaran, maka Dia akan mengajari orang itu dengan
bersungguh-sungguh; sebaliknya bila tidak berjodoh dan tidak bisa menerima
ajaran, juga harus mengajari orang tersebut, mengapa demikian?
Agar dia dapat
mendengarnya, sekali melewati telinga maka selamanya menjadi benih, menanam
benih di dalam alayavijnana nya, pada masa kehidupan sekarang mungkin masih belum
berbuah, kehidupan mendatang atau berikutnya benih ini ketika bertemu faktor
pendukung akan menjadi efektif. Maka itu Bodhisattva memperlakukan seluruh
makhluk dengan setara, hidup berdampingan secara harmonis, tanpa perbedaan,
tidak ada kemelekatan.
Berbeda dengan
orang awam yang masih memiliki perbedaan, yang akrab dan asing, baik dan buruk,
yang kusuka maka kuajari, yang tidak disukai maka tidak diajari, ini adalah
orang awam.
Jadi tujuan
insan suci dan bijak dengan orang awam itu tidaklah sama, orang awam takkan
bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir sedangkan insan suci tidak berhenti
meningkatkan kemajuan batin, musuh dan kerabat adalah setara, begitu bermaitri
karuna dan bersukacita, meningkatkan kualitas diri dan membantu orang lain.
Yang bersedia
menerima ajaran maka pada masa kelahiran ini akan berhasil; yang tidak sudi menerima
ajaran maka membantunya menanam benih supaya pada kelahiran yang akan datang
makhluk tersebut dapat berhasil.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2015
十方三世一切諸佛剎土,裡面的眾生,各個心念不相同,正因為如此,所以聖賢君子就非常重要。有聖賢君子才有好老師,他才會教我們,我們終於把這個事情搞清楚、搞明白了,沒有聖賢君子不知道。所以,聖賢君子住在世間幹什麼?教人。主動的教人,菩薩,菩薩在世間,他認識這個人有沒有緣分,有緣,他歡喜接受,得認真教他;沒有緣,他不能接受也要教他,為什麼?讓他一入耳根,永為道種,在阿賴耶裡頭給他種善種子,這一生不起作用,來生後世遇到善緣它起作用。所以佛菩薩對一切眾生平等對待,和睦相處,沒有分別、沒有執著。不像凡夫,凡夫有親疏、有好惡,我喜歡你教你,我討厭你,你想跟我學我都不教你,那凡人。凡人跟聖人用心不一樣,凡人肯定出不了六道輪迴,聖人不斷提升自己,怨親平等,都是那麼樣慈悲、那麼樣的歡喜,提升自己,幫助別人。聽話的,這一生成就;不聽話的,來生後世幫眾生種好因,希望將來開花結果。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六二集) 2015/1/11
Konsentrasi
adalah kekuatan pikiran, kekuatan pikiran dapat melenyapkan penderitaan
penyakit dan penderitaan usia tua; juga dapat membantu menghapus bencana dan
musibah di lingkungan hunian kita, dengan kekuatan pikiran dapat mewujudkannya.
Kini para ilmuwan telah mengakuinya, dengan pikiran mengendalikan fenomena
fisik, fenomena fisik yang pertama adalah tubuh jasmani, kesehatan dan usia
panjang juga dapat dikendalikan lewat pikiran.
Saya ingin
tinggal lebih lama di dunia ini, untuk menyelamatkan lebih banyak makhluk, jadi
bukan untuk diri sendiri, jika untuk diri sendiri maka tiada maknanya. Namun
untuk menyelamatkan para makhluk yang menderita, maka anda pasti akan memiliki
usia yang panjang, karena jika tidak berusia panjang takkan bisa mewujudkannya,
dengan kekuatan pikiran anda akan mewujudkan apa yang anda pikirkan, memperoleh
keberhasilan sempurna.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2015
專心就是念力,念力起作用能化解我們自己的災難,自己災難是什麼?病痛、老苦;還能幫助我們化解我們的依報,我們居住這個地方沒有天災人禍,念力能辦得到。現代量子力學家承認了,以心控物,心就是念頭,以念頭來控制物質現象。物質現象第一個身體,我們身體是物質現象,身心健康長壽,可以用意念來控制。我要長住世間,為什麼?為度眾生,不是為自己,為自己毫無意義。為度這些苦難眾生,你肯定長壽,你不長壽做不到,這個意念讓你感到你所想的,得到圓滿的成就。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六二集) 2015/1/11
Tubuh jasmani
dapat mewakili niat pikiran, bila niat pikiran baik maka lingkungan jadi baik;
bila niat pikiran buruk maka lingkungan pun jadi buruk. Tetapi kita melihat
banyak orang yang memiliki niat pikiran buruk malah berkedudukan tinggi dan
kaya raya, justru orang yang memiliki niat pikiran baik hidupnya miskin dan
susah, bukankah ini sudah terbalik dengan Hukum Sebab Akibat?
Sesungguhnya
tidaklah demikian, cobalah baca “Risalah Balasan Dan Ganjaran Setimpal”, maka
anda akan segera mengerti. Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa kehidupan,
tetapi bagi pelaku kebajikan besar atau kejahatan berat maka akan langsung
memperoleh akibatnya.
Apa yang kita
terima sekarang adalah hasil perbuatan kita di masa lampau. Perbuatan yang kita
lakukan pada masa sekarang akibatnya akan kita terima pada masa kelahiran yang
akan datang, jika karmanya berat maka akan langsung berbuah pada kehidupan
sekarang juga.
Andaikata anda
memiliki kebajikan besar, menyelamatkan negara dan rakyat, maka buah akibatnya
tidak menunggu hingga kelahiran mendatang, namun akibatnya langsung berbuah
pada kehidupan sekarang juga. Orang Tionghoa mengatakan Lima Berkah, yakni kaya
dan terhormat, jiwa raga sehat, usia panjang, putra putri banyak, balasan pada
masa kehidupan sekarang.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2015
身,這身代表念頭,念頭善,環境就好;念頭不善,環境就不好。我們看到現在有很多念頭不善的人做大官、發大財,念頭很善的人貧窮潦倒,這不是跟因果相反了嗎?不是的,你好好去念念《太上感應篇》你就明白了。因果是講三世的,特別的大善大惡當下就有報,就有果報;不是特殊的善惡,那就是一般正常的報應。我們這一生受用的,果報,因是什麼?前世造的善惡。今生造的善惡是來世有果報,感到來世,特別強烈的就變成現世報。你有特別大善,救國救民是大善,這個善不等到來生,現在就報了。中國人講五福,大富大貴、身心健康、長壽、兒女眾多,現世報。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六二集) 2015/1/11