Terlahir ke Alam
Sukhavati menikmati fasilitas istimewa yang tertinggi, yakni fasilitas yang
dinikmati oleh para calon Buddha, mengapa demikian? Seperti yang disebutkan di
dalam 48 tekad Buddha Amitabha, yakni tekad ke-20, yang menyatakan bahwa setiap
praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, tak peduli dia terlahir di tanah suci
tingkatan ke berapa, juga tak peduli dia terlahir di Bunga Lotus tingkatan ke
berapa, sampai di Alam Sukhavati semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika. Bodhisattva
Avaivartika merupakan Bodhisattva Dharmakaya (Calon Buddha).
Keistimewaan ini
hanya ada di Alam Sukhavati, oleh karena Buddha Amitabha telah mengikrarkan
tekad ini, sedangkan alam para Buddha lainnya di sepuluh penjuru tidak ada hal
yang sedemikian, seperti Alam Saha ini, apabila kita ingin mencapai tingkatan
Bodhisattva Avaivartika, harus membutuhkan waktu kalpa yang tak terhingga
lamanya, bukan dalam hitungan ribuan atau puluhan ribu tahun saja, tetapi
memerlukan waktu hingga kalpa yang tak terhingga barulah bisa meraih
keberhasilan.
Lain halnya
dengan Alam Sukhavati, begitu sampai langsung menjadi Bodhisattva Avaivartika,
ini bukanlah upaya anda sendiri, tetapi merupakan pemberkatan kewibawaan tekad
agung dari Buddha Amitabha kepada dirimu. Lantas bila kita bertanya, apa
mungkin bisa menerima pemberkatan ini? Tentu saja bisa, mengapa demikian?
Avatamsaka Sutra menyebutkan bahwa, anda sesungguhnya adalah Buddha, maka itu
anda pasti dapat menerima pemberkatan dari Buddha Amitabha
Empat tingkatan
tanah suci di Alam Sukhavati dapat dibaca di :
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 November 2015
生到西方極樂世界待遇不一樣,待遇是什麼待遇?最高的待遇,是實報莊嚴土的待遇。這就難信,為什麼難信?人家不相信。實報土的待遇是法身菩薩的待遇,為什麼?我們這個經本,四十八願第二十願,諸位讀了就知道,第二十願是什麼?每個往生到極樂世界的人,不管是哪一土,不管什麼品位,生到極樂世界皆作阿惟越致菩薩。阿惟越致菩薩是什麼地位?法身菩薩,實報土裡面四十一位法身大士,那是阿鞞跋致,就是阿惟越致菩薩。十方世界沒有,只有極樂世界有,為什麼?只有極樂世界阿彌陀佛在因地發了這個願。十方諸佛在因地都沒發這個願,所以它跟我們娑婆世界一樣,修行人,必須經過同居土、方便土,再生到實報土。不像極樂世界,同居土下下品往生,到極樂世界也是阿惟越致的待遇,這太難得了!在這個世界,我們要想得到阿惟越致要無量劫,不是千年萬年,要無量劫才能成就。到極樂世界,一到達極樂世界就成為阿惟越致菩薩;不是你修的,是阿彌陀佛本願威神加持你的。那我們要問,那能加持得上嗎?能;為什麼能?《華嚴經》上說的,你本來是佛,所以他加得上。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二八三集) 2015/11/20
Buddha Amitabha
menjelma menuju ke sepuluh penjuru alam menjemput para praktisi terlahir ke
Alam Sukhavati, tetapi kalian haruslah ingat bahwa harus menanti hingga Buddha
Amitabha yang datang menjemput, mengapa demikian? Oleh karena Buddha Amitabha
takkan mengingkari tekadNya, Beliau telah mengikrarkan tekadNya menjemput para
makhluk.
Jadi para
praktisi sekalian, hendaknya selalu mengingat hal ini, saat menjelang ajal, pasti
harus melihat Buddha Amitabha yang datang menjemput barulah boleh mengikutiNya
pergi, bila bukan Buddha Amitabha yang datang, janganlah mengikutinya.
Jika anda
mengikutinya maka ini sungguh berbahaya, karena bukanlah Alam Sukhavati yang
dituju, oleh karena Buddha yang anda lihat bukanlah yang asli, tetapi adalah
jelmaan Mara, datang untuk memikatmu.
Tetapi Mara,
siluman dan setan jahat lainnya tidak boleh menyamar jadi Buddha Amitabha, para
Dewa Pelindung Dharma takkan membiarkan hal ini terjadi, Mereka akan segera
mengambil tindakan tegas dan menangkap pelakunya, sedangkan bila menyamar jadi
Buddha atau Bodhisattva lainnya, maka hal ini akan dibiarkan begitu saja, jadi
hal ini haruslah diingat baik-baik.
Buddha Amitabha,
Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta yang datang
menjemput, maka ini takkan salah lagi, lepaskan segala kemelekatan jiwa dan
raga, mengikuti Buddha Amitabha menuju Alam Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 November 2015
佛分身到十方世界去接引往生到極樂世界這些人,諸位要記住,一定是阿彌陀佛來接引,為什麼?阿彌陀佛不會違背他的本願,他發的這個願,要接引眾生。我們求往生的同學要記住,在臨終往生的時候,一定看到阿彌陀佛來了才可以跟他去,不是阿彌陀佛不能跟他去。你跟他去就錯了,不是極樂世界,錯得太離譜了,為什麼?那些佛不是真的,是妖魔鬼怪變的,來引誘你。妖魔鬼怪不能變本尊,變本尊,護法神不答應他的,馬上就抓走了,變其他的護法神不管,這些事要牢牢記住。阿彌陀佛、觀音、勢至來接引是肯定不錯,身心世界一切放下,跟阿彌陀佛走了。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二八三集) 2015/11/20
Guru
pembimbingmu di Alam Sukhavati semuanya adalah para Buddha Tathagata, jadi
bukan Bodhisattva, para Bodhisattva Calon Buddha adalah teman sekolahmu. Anda
akan menerima bimbingan langsung dari para Buddha Tathagata, berapa banyak para
Buddha Tathagata ini? Tak terhingga, tanpa batas dan tak terhitung, yang dipimpin
oleh Buddha Amitabha.
Dengan Guru
pembimbing yang terdiri dari para Buddha, tentunya keberhasilan dicapai hanya
dalam waktu sekejab, jadi sekolahmu takkan ada istilah tinggal kelas, juga
tidak ada istilah kemunduran batin.
Cepat lambatnya
keberhasilan yang dicapai masing-masing praktisi adalah berbeda-beda, tetapi
dengan dicapainya “Ketidakmunduran”, tidak hanya menjamin dirimu dalam satu
kelahiran mencapai KeBuddhaan, bahkan juga menjamin dirimu dalam satu kelahiran
segera mencapai KeBuddhaan.
Ajaran Tanah
Suci ini, bila anda tidak memahaminya dengan jelas maka keyakinan hatimu tidak
sanggup dibangkitkan keluar, terhadap dunia ini anda juga tidak mampu
melepaskannya; tetapi bila anda telah memahaminya dengan jelas, maka anda akan
melepaskan semua kemelekatan, terhadap dunia ini takkan lagi mendambakannya.
Sedangkan
terhadap Alam Sukhavati, takkan timbul keraguan sama sekali, membangkitkan
keyakinan benar, tekad benar, Buddha Amitabha pasti datang menjemput, ini
adalah hal yang patut diketahui.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 November 2015
在極樂世界你所接受,指導你的人統統是諸佛如來,不是菩薩;菩薩,等覺菩薩都是同學。親自接受諸佛如來指導,多少諸佛如來?無量無邊無數,阿彌陀佛是帶頭的。受圓滿的佛陀教育,進步當然快速,他沒有留級的,他沒有退轉的。進步快慢各人不一樣,但是都證得不退轉,不但保證你一生成佛,保證你一生快速成佛。淨土要不把它搞清楚、搞明白,你的信心生不起來,這個世界你不肯放下;真搞清楚、搞明白了徹底放下,這個世間一無所求,完全放下了,對極樂世界一絲毫疑問都沒有,懷疑沒有,真信、真願,阿彌陀佛真來接引,這個一定要知道。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二八三集) 2015/11/20
Master Hai Xian
telah memberikan kita teladan yang bagus, sepatah Amituofo sudah cukup, beliau
menggunakan sepatah Amituofo, hanya enam aksara, yakni Na-mo-A-mi-tuo-fo,
dilafal selama 92 tahun lamanya, tidak pernah terputus meskipun hanya sehari
saja, selama 92 tahun tak pernah terputus. Sepatah demi sepatah dilafal saling
sambung menyambung; saat tidur lafalan jadi terputus, tetapi begitu bangun
langsung menyambungnya kembali, beginilah cara beliau melafalnya.
Lantas bagaimana
pula dengan cara kita melafal Amituofo? Seringkali terputus, ketrampilan
melatih diri tidak efektif. Ketrampilan melatih diri yang efektif adalah saling
sambung menyambung, bila mulut tidak melafal maka hati melafal, lafalan
Amituofo di dalam hati tak terputus, inilah ketrampilan!
Ketrampilan apa
yang dimaksud? Ketrampilan “Pikiran terfokus yang terlihat”. Bila melafal
Amituofo hingga memiliki “ketrampilan pikiran terfokus yang terlihat”, maka ini
pasti terlahir ke Alam Sukhavati, anda juga tidak perlu merasa tergesa-gesa.
Pada saat
begini, umumnya Buddha Amitabha akan datang menyampaikan kabar gembira buat
dirimu, baik di dalam samadhi maupun di dalam mimpi, anda melihat Buddha
Amitabha datang dan memberitahu padamu, memotivasi dan mengatakan padamu, sisa
usiamu masih tinggal berapa lama, masih ada 10 atau 20 tahun lagi, kelak ketika
ajal menjelang, Buddha Amitabha akan datang menjemput.
Dengan demikian
hatimu jadi memiliki kepastian dan merasa tenteram, di Alam Sukhavati sudah
terdaftar namamu, saat waktunya tiba anda pasti menuju ke sana, anda jadi
memiliki keyakinan yang pasti.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 November 2015
Catatan :
Kondisi batin “Pikiran terfokus tak tergoyahkan (一心不亂)” masih dapat dibagi
atas dua jenis yaitu :
1. Pikiran terfokus tak tergoyahkan yang terlihat (事一心不亂)
Praktisi melafal Amituofo berkesinambungan hingga
mampu meredam kekotoran batin (klesa). Ini dapat dilakukan oleh siapa saja.
2. Pikiran terfokus tak tergoyahkan yang tak terlihat (理一心不亂)
Praktisi melafal Amituofo berkesinambungan
hingga mempu melenyapkan selapis kegelapan batin (Avidya). Tidak semua praktisi
sanggup melakukannya.
海賢老和尚給我們做榜樣,一句佛號就行了,他就是一句佛號,六個字,南無阿彌陀佛,就念了九十二年,未曾一日丟失,九十二年不間斷,一句接著一句;睡眠時候間斷了,醒了之後又接上,人家是這麼念的。我們今天念佛怎麼?常常間斷,功夫不得力。功夫得力,綿綿密密的,口裡不念心裡念,心裡頭佛號不間斷,這功夫!這叫什麼功夫?功夫成片。念到功夫成片就肯定往生,你一點都不必著急。在這個時候,通常絕大多數,幾乎沒有什麼例外的,阿彌陀佛一定給你送信息來,或是在定中,或是在夢中,你看到阿彌陀佛來了。阿彌陀佛來告訴你,來鼓勵你,來獎勵你,告訴你,你的壽命還有多久,還有十年、二十年,到命終的時候佛來接引你。你就踏實了,極樂世界那邊註冊了,那有你的名字,到時候你一定會去,你就真有把握。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二八三集) 2015/11/20
Kemelekatan
adalah penderitaan, di dunia ini, bentuk kemelekatan yang paling parah, tak
lain adalah jalinan kasih, manusia di dunia ini menyukai hal ini, kasih sayang
yang begitu mendalam, begitu celaka, setiap kelahiran demi kelahiran tidak
mampu membebaskan diri dari ikatan hubungan tersebut, hubungan apakah yang
dimaksud? Yakni saling memusuhi dan saling balas dendam, tiada usainya.
Jalinan kasih
dapat berupa hubungan antara suami istri, ayah anak, kakak adik, ini sungguh
rumit dan merepotkan! Buddha Dharma menyebutnya sebagai kekotoran batin
(klesa), merupakan akar dari enam alam tumimbal lahir, akar ini harus dicabut
hingga ke ujung-ujungnya. Apakah dengan mencabut akar ini maka disebut sebagai
tak berperasaan?
Bukan demikian,
dengan memutuskan akar ini barulah disebut sebagai kasih sejati. Oleh karena
dari jiwa sejati mengalir keluar maha maitri maha karuna, perasaan kasih kini
telah berubah menjadi maitri karuna. Maitri karuna adalah berdasarkan akal
sehat dan bukan berdasarkan perasaan atau emosional, adalah tercerahkan dan
bukan yang terlena.
Manusia di dunia
ini adalah terlena dan tak tercerahkan, sedangkan Buddha dan Bodhisattva adalah
tercerahkan dan tidak terlena. Kasih sayang para Buddha dan Bodhisattva kepada
semua makhluk adalah adil dan merata. Jadi bukan seperti kasih manusia yang
sesat, hingga menjadi kasih sayang yang melekat, sedangkan kasih Buddha dan
Bodhisattva adalah yang menggunakan akal sehat dan bukan perasaan, oleh karena
Mereka mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 20 November 2015
執著是苦。這個世間,最嚴重的執著是情執,世間人歡喜,情很深,很糟糕,生生世世脫不了關係,什麼關係?冤冤相報,沒完沒了。情執叫愛情,這個愛情有夫妻之情、父子之情、兄弟之情,可麻煩了!佛法說這是煩惱,是生死,是六道輪迴的根,這個根必須要斷掉。斷掉是不是無情?不是,斷掉之後是真情。為什麼?自性裡面流出來的大慈大悲,換個名稱就是愛情,愛情變成慈悲了。慈悲是什麼?是理性的,不是感情的,是覺而不迷。世間人是迷而不覺,佛菩薩是覺而不迷,他那個愛是平等的愛,對遍法界虛空界一切眾生平等的愛。那個愛就像世間人迷,迷到極處那種情執,但是佛菩薩是理智,不是感情的,他知道事實真相。
文摘恭錄 — 二零一四淨土大經科註 (第二八三集) 2015/11/20